Kamis, 29 Juni 2017

Aceh Barat tingkatkan upaya preventif cagah kebakaran

id aceh barat, kebakaran, pemkab,
Aceh Barat tingkatkan upaya preventif cagah kebakaran
Bupati Aceh Barat, Rahmad Fitri (ANTARA Aceh/Anwar)
Meulaboh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh terus mengupayakan peran strategis satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terhadap upaya menekan kasus kebakaran.

Wakil Bupati Aceh Barat Rachmad Fitri, HD di Meulaboh, Senin, mengatakan, upaya pencegahan seperti memperbanyak sosialisasi dan menyebarkan himbauan ke tengah masyarakat sebagai upaya gerakan perang terhadap kebakaran.

"Marilah kita melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran karena dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi dan sebagainya," sebutnya.

Hal itu disampaikan dalam sambutan pada Upacara Hari Kesadaran Nasional yang dipadukan dengan HUT Damkar ke-98 tahun 2017 di halaman kantor Bupati Aceh Barat yang dihadiri semua pegawai setdakab serta TNI, Polri di daerah itu.

Wabub yang akrap disapa Haji Nanda ini menjelaskan, dampak buruk dari bencana kebakaran dapat menimbulkan kerugian materi, kehilangan pencaharian, kemunduran ekonomi, kerusakan lingkungan bahkan khusus untuk kebakaran hutan dan lahan gambut dapat menimbulkan bencana pencemaran asap.

Pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah untuk mengatur kelembagaan pemadam kebakaran di daerah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran.

"Urusan kebakaran menjadi strategis dan prioritas dalam perencanaan dan anggaran pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kebakaran dan penyelamatan kepada masyarakat," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, kebakaran adalah hal yang sangat merugikan karena dapat menghanguskan kebutuhan dasar masyarakat seperti pangan, sandang dan papan serta mengganggu kesehatan dan ketentraman hidup.

Rachmad Fitri menyampaikan, sumber daya disekitar masyarakat selalu ada ancaman dari kebakaran yang dapat mengganggu ketahanan ekonomi, kesehatan masyarakat dan lingkungan, untuk itu perlu upaya responsif yang lebih cepat.

Dia berharap kepada seluruh petugas kebakaran di daerah itu untuk selalu siap siaga, jangan lengah dan harussigap, cepat dalam menghadapi kebakaran sehingga mampu menekan sekecil-kecilnya dampak resiko diterima masyarakat.

"Kami berpesan kepada satuan tugas pemadam kebakaran untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sebagai personil dan kelembagaan untuk menyongsong tugas yang semakin komplek," katanya menambahkan.

Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga