Selasa, 22 Agustus 2017

DPR RI pantau kesiapan Sail Sabang

id sabang, anggota dpr ri, sail sabang
DPR RI pantau kesiapan Sail Sabang
Ketua Komisi X DPR RI asal Aceh Teuku Riefky Harsya (ANTARA Aceh/Anwar)
Sabang (ANTARA Aceh) - Komisi X DPR-RI memantau kesiapan pelaksanaan Sail Sabang dan pihaknya berharap pemerintah daerah serta pemerintah pusat mempersiapkan dengan matang segala kebutuhan terkait pelaksanaan event nasional tersebut.

"Komisi X mendukung penuh pelaksanaan Sail Sabang dan kepada kementerian terkait harus segera mempersiapkan langkah-langkah strategis agar Pelaksanaan Sail Sabang berjalan sukses," kata Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya.

Hal ini disampaikan saat pertemuan dengan unsur Forkompinda Kota Sabang, Asisten Pemerintah Aceh, Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Aceh Reza Fahlevi.

Sail Sabang akan digelar dari 28 November sampai 2 Desember 2017 dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tanggal 2 Desember.   
    
Sebelumnya, Pemerintah Aceh berharap pagelaran Sail Sabang mampu mendorong investasi swasta khususnya pada industri pariwisata.

"Sail Sabang harus dioptimalkan untuk mendorong investasi swasta di industri pariwisata," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTST) Provinsi Aceh Iskandar.

Iskandar mengakui Kota Sabang memiliki potensi wisata bahari yang tidak kalah menarik dengan daerah lain, bahkan berbicara industri pariwisata di provinsi paling ujung barat Sumatera, Sabang menjadi barometer.

"Berbicara industri pariwisata di Aceh, Sabang menjadi barometer, namun banyak potensi wisata di Sabang belum dikelola dengan maksimal dan kami berharap Sail Sabang ini mampu mendorong pertumbuhan industri pariwisata di kepulaun paling ujung barat Indonesia," katanya lagi.

Menurutnya, Pemerintah Kota Sabang sebagai tuan rumah harus mengelola event nasional ini secara optimal, dan harapannya usai Sail Sabang industri pariwisata tumbuh pesat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Pemerintah pusat terus mengkampanyekan industri pariwisata, dan jika potensi ini mampu dikelola secara optimal akan menyerap banyak tenaga kerja, dan ekonomi masyarakat pun akan meningkat," katanya lagi.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara pada  2012, Komodo, Nusa Tenggara Timur pada 2013, Raja Ampat, Papua Barat pada 2014, dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah pada Oktober 2015 dan l-7 Desember 2017 akan berlangsung di Sabang, Aceh.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga