Rabu, 23 Agustus 2017

Lima Puskesmas di Abdya jalani penilaian akreditasi

id abdya, puskesmas
Lima Puskesmas di Abdya jalani penilaian akreditasi
ilustrasi (istimewa)
Blangpidie (ANTARA Aceh) - Lima dari 13 Pukesmas di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sedang menjalani penilaian dari Komisi Akreditasi Nasional Kementerian Kesehatan untuk pembinaan peningkatan mutu dan kinerja melalui perbaikan sistem manajemen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Abdya, Anwar Daud di Blangpidie, Kamis menyatakan, penilaian itu bukan sekedar untuk mendapatkan sertifikat akreditasi saja, tetapi untuk sistem penyelenggaraan pelayanan yang terpogram dalam penerapan manajemen.

Ia berkata, lima Pukesmas yang dilakukan penilaian oeh tim Suverior Kemenkes tersebut mengunakan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017, meliputi Pukesmas Kecamatan Blangpidie, Pukesmas Alue Sungai Pinang, Pukesmas Susoh, Pukesmas Manggeng dan Pukesmas Kuala Batee.

Kemudian, Dinkes Abdya juga melakukan akreditasi terhadap lima Pukesmas lagi pada tahun 2018 dengan sumber anggaran yang sama, yakni Pukesmas Lembah Sabil, Pukesmas Tangan-Tangan, Pukesmas Sangkalan, Pukesmas Alue Pisang dan Pukesmas Babahrot.

Sedangkan tiga lagi, seperti Pukesmas Lhang, Pukesmas Bineuh Krueng dan Pukesmas Ie Mirah, proses penilaian akreditasinya akan dilakukan pada tahun 2019, tambahnya.

"Jadi, khusus untuk tahun ini, tim Suverior Kemenkes sudah berada di Abdya. Mulai Kamis (2/8). Mereka sudah mulai melakukan penilaian (surve) di Pukesmas Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, sedangkan Pukesmas lainnya akan menyusul," ujar dia.

Anwar mengatakan, proses akreditasi tersebut sebagai bentuk untuk mewujudkan amanah Pemerintah Pusat yang tertuang dalam Permenkes Nomor 75 tahun 2014 dan Permenkes Nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Pukesmas.

Pemerintah Pusat sebelumnya telah menargetkan semua Pukesmas yang ada di Tanah Air harus menjalani akreditasi hingga tahun 2021, karena akreditasi merupakan syarat mutlak bagi setiap Pukesmas agar bisa bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam melaksanakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Pukesmas itu garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada warga dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif. Jadi, untuk mencapai derajat kesehatan yang tinggi dan optimal, tentu semua Pukesmas harus melaksanakan manjemen yang baik," demikian Anwar Daud.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga