Rabu, 20 September 2017

29 kafilah meriahkan pawai takbiran di Sabang

id sabang, takbiran, idul adha
29 kafilah meriahkan pawai takbiran di Sabang
ilustrasi Pawai takbiran (ANTARA FOTO)
Sabang (ANTARA Aceh) - Sebanyak 29 kafilah dari perwakilan gampong (desa) se-Kota Sabang dan TNI-Polri meriahkan pawai takbiran Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah di kepulauan paling ujung barat Indonesia.

Pawai takbiran Hari Raya Idul Adha di Kota Sabang, provinsi paling ujung barat Indonesia, Kamis malam tersebut dilepas oleh Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam di Jalan O Surapati Kuta Atas dihadiri unsur Forkompinda se-Kota Sabang.

Para peserta pawai takbiran yang diikuti remaja masjid dan menasah (sarau) tersebut berlangsung meriah dan tertib. Masing-masing kafilah menghiasi kenderaan roda empat dengan berbagai jenis di antaranya, berbentuk menara masjid serta kapal perang.

Sebelum pelepasan para pawai takbiran, Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam mengajak semua pihak senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan.

"Sebagai umat beragama sudah sepatutnya kita bersyukur atas rahmat yang Allah limpahkan, dan pada hari Raya Idul Adha ini kita saling memaafkan serta berbagi  melalui kurban," katanya.

Pada kesempatan itu, atas nama Pemerintah Kota Sabang serta keluarga, Zukifli juga memohon maaf kepada segenap rakyat kepulauan paling ujung barat Indonesia.

Panitia pawai takbiran dari Dinas Syariat Islam Jamin Seda menyebutkan, pawai takbiran Hari Raya Idul Adha ini keseluruhan menyediakan hadiah sebanyak Rp 72 juta dan masing-masing khafilah mendapat biaya dekorasi sebanyak Rp 500 ribu.

"Panitia akan menilai keterampilan para kafilah dan diakhir pawai juara I mendapat hadiah Rp 10 juta, juara II Rp 8 juta, juara III Rp 7 juta," sebutnya.

Kemudian, Jamimi  menambahkan, panitia pawai takbiran juga menyediakan hadiah untuk harapan I, II dan III.

Ada pun rute pawai takbiran Hari Raya Idul Adha tersebut diawali dari Jalan O Soarapati (Kuta Atas) simpang Garuda, Kodim 0112 Sabang, jalan perdagangan, Pantai Kasih, Ie Meulee dan berakhir di Lapangan Play Ground.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga