Rabu, 20 September 2017

11 jamaah haji meninggal di tanah suci

id aceh, jamaah haji, meninggal
11 jamaah haji meninggal di tanah suci
Arsip foto: Jamaah Calon Haji tahun 2015 asal Aceh Barat Daya, Aceh, meningalkan Kampung halamannya menuju tana suci Mekkah dan Madinah, Rabu (09/9). (ANTARA Aceh/Suprian)
Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 11 orang jamaah haji asal Aceh yang berangkat melalui Embarkasi Aceh dilaporkan meninggal di Tanah Suci, Arab Saudi selama menjalankan ibadah haji tahun ini.

"Hingga akhir pekan lalu, tercatat 11 orang jamaah dari Aceh meninggl di Arab Saudi," ucap  Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Rusli di Banda Aceh, Senin.

Ia merinci, 11 orang jamaah tersebut, ada yang meninggal ketika di dalam pesawat melakukan perjalanan dari Tanah Air menuju di Jeddah, Arab Saudi, tercacat satu orang yakni Muslimah binti Ismail Yusuf (58), berasal dari Kabupaten Pidie.

Sisanya sebanyak ke-10 orang jamaah haji lagi, meninggal saat melakukan ibadah sunnah atau wajib baik saat berada di Tanah Suci seperti di Makkah, maupun puncak haji di Arafah dan Mina, serta setelahnya.

Rusli mengatakan, mayoritas jamaah haji asal Aceh meninggal di Tanah Suci akibat sakit karena memang memiliki riwayat penyakit yang di bawa sejak berada dari Tanah Air.

Seperti seorang jamaah haji asal Aceh yang terakhir kali meninggal atas nama Ishaq Aziz Ali berasal dari Desa Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

Jamaah ini tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 8 Embarkasi Aceh, dan meninggal di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah akibat sesak napas pada Sabtu, (9/9).

"Almarhum bernama Ishaq Aziz Ali bin Tengku Aziz, Sabtu, (9/9) sekitar pukul 04.20 WAS (Waktu Arab Saudi) meninggal di KKHI Mekkah," terang dia.

Dia menceritakan kronologis sebelum meninggal berdasarkan informasi petugas kloter, bahwa Ishaq sempat mengeluh sesak berat, lemas, nafsu makan berkurang, Kamis, (8/9) pukul 19.00 WAS. Ishaq sendiri memiliki riwayat batuk, tapi sudah mendapat terapi infus di KKHI Makkah.

"Setelah penanganan oleh dokter, sesak pun berkurang. Pukul 03.50 WAS pasien haus, dan diberi minum oleh istrinya. Tak lama setelahnya, Ishaq pun tertidur. Sekitar 30 menit kemudian, si istri coba membangunkan. Namun suaminya itu, tidak mau bangun, dan ternyata Ishaq telah meninggal," jelas Rusli.

Data PPIH Embarkasi Aceh tahun ini berangkatkan 4.463 jamaah ke Tanah Suci dengan 12 Kloter melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar.

Ke-4.463 orang itu terdiri 4.347 jamaah asal Aceh, 34 orang tim TPHD dan tim kesehatan haji daerah, 26 jemaah mutasi dari luar provinsi, dan 56 orang petugas kloter.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga