Rabu, 20 September 2017

Pemkot Banda Aceh galang dana untuk muslim Rohingya

id banda aceh, pemkot banda aceh, galang dana, muslim rohingya
Pemkot Banda Aceh galang dana untuk muslim Rohingya
Logo Pemko Banda Aceh. (Istimewa)
Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kota Banda Aceh mulai menggalang dana untuk muslim Rohingya yang menjadi korban kejahatan kemanusiaan di Myanmar.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh Taufik di Banda Aceh, Rabu, mengatakan penggalangan dana tersebut menyahuti imbauan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman beberapa waktu lalu.

Penggalangan dana dengan membuka rekening di Bank Aceh dengan nomor 5001996500018. Rekening tersebut untuk menerima donasi yang akan disalurkan kepada muslim Rohingya yang sedang mengalami tragedi kemanusiaan di Myanmar," kata Taufik.

Taufik yang sehari baru dilantik sebagai Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh mengajak warga kota dan aparatur pemerintah kota menyalurkan donasinya ke rekening tersebut.

"Bantuan juga bisa diserahkan ke Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Banda Aceh. Bantuan tersebut nantinya disalurkan ke Aksi Cepat Tanggap atau ACT peduli Rohingya," sebut Taufik.

Sebelumnya, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak warga maupun aparatur pemerintah kota setempat membantu muslim Rohingya di Myanmar yang sedang dilanda konflik kemanusiaan.

"Mereka saudara kita yang sedang ditimpa musibah. Saat ini, mereka membutuhkan bantuan nyata dari kita. Saya minta warga dan aparatur pemerintah kota memberikan donasinya," kata Aminullah Usman.

Wali Kota menyebutkan, konflik kemanusiaan terhadap muslim Rohingya Myanmar sudah sangat memprihatinkan. Ribuan jiwa muslim Rohingya menjadi korban meninggal dunia. Dan ratusan ribu dari mereka terpaksa mengungsi ke tempat aman.

"Sebagai sesama muslim, warga Banda Aceh sangat prihatin dengan tragedi kemanusiaan yang dialami muslim Rohingya. Kita bisa merasakan bagaimana kondisi saudara kita yang harus mengungsi, bahkan kehilangan harta dan nyawa.

Wali Kota mengatakan, masyarakat Banda Aceh juga pernah merasakan pengungsian ketika musibah gempa dan tsunami pada tahun 2004. Dan banyak bantuan berbagai belahan dunia membantu masyarakat Banda Aceh saat itu.

"Saya akan mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Banda Aceh untuk penggalangan dana maupun bantuan lainnya secara sukarela bagi muslim Rohingya," kata Aminullah Usman.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga