Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh meluncurkan jurnal Stimulus (International journal of communication and sosial science), jurnal Signal untuk para mahasiswa prodi KPI, dan sistem informasi skripsi mahasiswa prodi KPI (SismaProKPI), Selasa (8/10) di Aula fakultas setempat.

Peluncuran jurnal tersebut bertujuan untuk memberikan ruang terhadap para dosen dan akademisi KPI dalam mempublikasikan hasil-hasil dari penelitian yang telah dilakukan.

Ketua Prodi KPI UIN Ar-Raniry, Dr Hendra Syahputra mengatakan bahwa Jurnal Stimulus ini memang sudah dirancang setahun yang lalu dan sudah membahas berbagai kerjasama pada penelitian yang melibatkan sejumlah peneliti dari kampus.

"Selain untuk akreditasi, kehadiran jurnal ini memang sangat penting untuk mengakamodir hasil riset dari dosen dan juga para peneliti yang ada, sehingga ada ruangnya untuk mempubilaksikan," katannya.

Dr Hendra mengatakan sebuah hasil riset mempunyai kontribusi yang sangat luar biasa dalam pengembangan dunia pendidikan dan memecahkan berbagai problematika dalam kehidupan sosial.

"Kita berharap, para dosen melalui jurnal stimulus dan mahasiswa dengan jurnal Signal ini dapat melakukan berbagai penelitian terhadap fenomena sosial,” ujarnya.

Menurutnya, melalui jurnal Signal yang diperuntukkan kepada mahasiswa KPI UIN Ar-Raniry ini berguna untuk melatih diri mereka dalam dunia literasi saat membuat suatu karya ilmiah jurnal sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan ke depan.

Sementara itu, peneliti yang juga merupakan dosen KPI UIN Ar-Raniry, Syahril Furqany juga mengatakan hal yang sama.

Ia menyebutkan jurnal pada saat ini menjadi suatu output yang sangat penting karena publikasi terhadap artikel dan penelitian itu berguna dalam memajukan pendidikan.

Dalam acara tersebut juga diluncurkan SismaProKPI. Dosen KPI, Hanifah M.Ag menjelaskan program SismaProKPI tersebut berguna untuk melihat judul-judul skripsi mahasiswa terdahulu.

"Hal ini bertujuan agar para mahasiswa tidak membuat penelitian dengan judul yang sama seperti skripsi lulusan terdahulu," sebutnya.

Ia juga menjelaskan target dari program tersebut yaitu untuk membantu para mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas ketika melakukan penelitian saat membuat skripsi.

Adapun kegiatan peluncuran jurnal Stimulus, Signal dan SismaProKPI tersebut dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FDK UIN Ar-Raniry, Drs Yusri M.L.I.S yang dihadiri para dosen serta mahasiswa kampus tersebut.

 

Pewarta: Mabrur

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019