Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh menyerahkan 20 ekor bibit ternak sapi betina kepada Kelompok Tani Aneuk Nanggroe Desa Leubok Pasi Ara, Kecamatan Woyla Barat, kabupaten Senin (28/10) sore, guna mendongkrak ekonomi petani.

"Pemberian bantuan bibit sapi ini bertujuan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat khusus petani dan peternak," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Ir Said Mahjali MM di Meulaboh.

Menurutnya, bantuan ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah daerah setempat dibawah kepemimpinan Bupati H Ramli MS dalam membalas jasa rakyat.

20 ekor bibit sapi betina yang sudah diserahkan kepada kelompok ternak tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil di Aceh Barat.

Selain ternak sapi, pemerintah setempat juga sudah menyerahkan bantuan ternak kerbau kepada Kelompok Tani Ceuraceue, berlokasi di Desa Tuwi Saya, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

"Kita berharap bibit ternak yang sudah dibantu ini kita harapkan dapat berkembang, sehingga mampu meningkatkan pendapatan peternak dan petani, sehingga peningkatan ekonomi masyarakat di Aceh Barat dapat terus berkembang secara menyeluruh," jelas Said Mahjali.

Sementara itu Bupati Aceh Barat, H Ramli MS saat menyerahkan ternak sapi mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya meningkatan produktifitas pertanian dan peternakan dari tahun ke tahun.

Menurutnya, pembangunan pertanian bukan hanya mengejar target swasembada pangan asal nabati. Akan tetapi juga harus menjamin kecukupan dan ketersediaan pangan asal hewani (daging) untuk konsumsi protein hewani bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Aceh Barat.

"Saya mengharapkan agar ternak sapi yang diserahkan hari ini dapat memotivasi para kelompok tani dan meningkatkan produktivitasnya dengan pengelolaan dan pemanfaatan ternak sapi yang baik, dan tentunya hasil yang akan diperoleh pun akan lebih baik," tambahnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019