Harga ikan tongkol di sejumlah wilayah di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan sejumlah daerah di Provinsi Aceh sejak beberapa hari terakhir anjlok mencapai Rp10 ribu per kilogram, karena masyarakat masih takut mengkosumsi ikan, akibat kasus banyaknya hama babi yang mati dan hanyut di sungai dan terbawa ke laut lepas.

Padahal sebelumnya, harga jual ikan tongkol di daerah itu bertahan di kisaran harga Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogramnya.

Baca juga: Pembuangan bangkai babi ke laut resahkan warga konsumsi ikan

"Persoalan ini menjadi perhatian serius dari Pemkab Aceh Barat, agar daya beli masyarakat terhadap ikan tongkol dan aneka jenis ikan lainnya kembali stabil," kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Barat, Armaikandi, Kamis.

Baca juga: Isu bangkai babi sampai ke laut, harga ikan tongkol di Aceh anjlok

Menurutnya, isu hama babi yang hanyut di sekitar daerah aliran sungai (DAS) di Kabupaten Aceh Singkil ke muara laut dan kini berkembang di kalangan masyarakat di Aceh Barat dan sekitarnya harusnya tidak perlu ditanggapi oleh masyarakat secara serius.

Karena tidak mungkin ikan di laut mengkonsumsi bangkai babi dan dipastikan bangkai tersebut akan terdampak di sekitar bibir pantai.

Dampak sebaran isu tersebut, ia mengakui sebagian besar pedagang ikan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mengeluh karena rendahnya harga jual aneka komoditas ikan laut sehingga berdampak terhadap pendapatan pedagang.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019