PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field menyebut, galeri Ajang Ambe yang berdiri selama empat tahun terakhir telah membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat dalam memasarkan produk di Aceh Tamiang hingga tingkat konsumen khususnya di Tanah Air.

"Kita telah jawab keluhan dari pelaku UMKM di Tamiang dengan mendirikan galeri yang berbentuk Koperasi Serba Usaha Ajang Ambe. Koperasi sebagai pengelola galeri ini, sangat membantu kelancaran usaha pelaku UMKM," ujar Rantau Field Manager PT Pertamina EP Asset 1, Totok Parafianto di Rantau, Aceh Tamiang, Kamis.

Ia mengatakan, galeri ini merupakan hilir dari semua produk yang dihasilkan dari mitra binaan terutama di Aceh Tamiang, dan berperan sebagai penjual retail bagi produk-produk UMKM di "Bumi Sedia Muda", julukan kabupaten tersebut.

Dalam memasarkan produk UMKM lokal itu, lanjut dia, pihaknya memanfaatkan kemajuan sistem informasi tekhnologi digital dengan berbagai sosial media, dan jaringan toko daring di antaranya facebook, dan instagram.

Galeri tersebut juga memfasilitasi pemasaran produk UMKM dengan strategi pemasaran online atau berjaringan yang bekerja sama dengan aplikasi layanan belanja berbasis berjaringan, yakni Atamtech.

"Atamtech sendiri, merupakan inovasi di tahun ini. Atamtech merupakan aplikasi digital terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dengan menawarkan fasilitas layanan pesan antar untuk memudahkan kegiatan informasi jual beli. Sinergitas antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat ini, diharapkan dapat mewujudkan stabilisasi pada program yang dijalankan," katanya.

Seperti diketahui, PT Pertamina EP Rantau Field melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) telah membina pelaku UMKM lokal di Aceh Tamiang dan sekitarnya. UMKM dipilih karena merupakan kegiatan ekonomi rakyat berskala kecil dengan bidang usaha mayoritas berskala rumah tangga, dan perlu dilindungi untuk mencegah persaingan usaha yang tidak sehat dengan modal tidak terlalu besar.

"Kita tidak hanya membantu pemasaran produk, tetapi juga mendukung peningkatan kapasitas pelaku UMKM melalui berbagai pelatihan, diskusi bersama, dan sosialisasi promosi. Kepada pelaku usaha UMKM yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang agar segera bergabung di galeri Ajang Ambe," ucap Totok.

CSR Staff PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, Asry Rakhmanissazly menambahkan, galeri tersebut berdiri sejak 2016 dengan menjaring pelaku usaha khususnya UMKM di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Ia mengatakan, dari tahun ke tahun UMKM lokal yang telah bergabung berjumlah 57 kelompok dengan total 93 varian produk dengan memfasilitasi pelaku UMKM agar dapat mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, dan inovasi peningkatan kualitas produk hingga ke pemasaran.

"Ini tahun ke empat, kami jalankan program ini dengan memfokuskan ke peningkatan kualitas mutu produk, dan pemasaran secara
online," terangnya.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019