Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul, Turki, bekerjasama dengan berbagai komunitas Diaspora Indonesia di Turki menyelenggarakan kegiatan Indonesian Street Food Festival.

“Kegiatan ini merupakan festival kuliner yang secara khusus mengambil tema jajanan pasar Indonesia di Istanbul,” kata Konsul Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Istanbul, Jepri Edi dalam siaran pers diterima Antara.

Ia menjelaskan Festival kuliner diselenggarakan cukup singkat mulai dari pukul 3 siang sampai jam 6 sore, selain untuk memperkenalkan citarasa jajanan nusantara kepada warga negara Turki dan mendorong kewirausahaan kuliner Diaspora Indonesia.

“kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan ragam seni budaya Indonesia, mulai dari musik kontemporer, pencak silat dan tari tradisional,” katanya.

Lebih dari 700 pengunjung warga Turki dan diaspora Indonesia yang hadir antusias menelusuri dan membeli jajanan pasar yang dijual oleh Diaspora Indonesia di Istanbul. 

Ada pun kuliner yang dihadirkan dalam festival tersebut masing-masing Bakso, Siomay Bandung, Pempek Palembang, Sekoteng, Wedang Jahe, Rujak Uleg, Sirup Bandung, Bakpia, Lumpia, Coto Makassar, Tempe, Cendol Dawet dan masih banyak lainnya. 

Tak hanya kuliner, dalam acara tersebut juga menghadirkan booth yang menjual variasi kerajinan tangan hingga Balinese Traditional Massage.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019