Sekitar ribuan masyarakat menggelar gotong royong massal yang merupakan kegiatan rutin bulanan Pemerintah Kota (Pemko) Langsa, Aceh, yang dipusatkan Kebun Raya terletak di Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, Langsa, Ahad.

Dalam gotong royong dihadiri oleh wali kota, wakil wali kota, sekretaris daerah, kepala organisasi perangkat daerah, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemko, dan unsur TNI/Polri setempat.

Kegiatan ini juga dihadiri instansi vertikal di antaranya pimpinan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, dan ASN Kementerian Agama Kota Langsa dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-74 tahun 2020.

Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid pada kesempatan tersebut mengatakan, kebun raya Langsa memiliki luas areal sekitar 45 hektare milik yang merupakan hibah dari PT Timbang Langsa, dan kehadiran para ASN untuk merawat tanaman yang sudah ditamam.

"Saat ini, kita telah menanam 10 ribu pohon dan akan kita buat menjadi kebun buah. Di kebun ini terdapat berbagai macam tanaman buah, dan hari ini kita merawat tanaman yang sudah kita tanam," ujar dia.

"Caranya dengan membersihkan rumput sekitar satu meter dari tanaman, kemudian digemburkan tanahnya, dipupuk dan disiram," jelasnya lagi.

Marzuki menyambung ucapannya, kegiatan gotong royong dilakukan kali ini merupakan bentuk kepedulian, dan pengabdian para ASN untuk Kota Langsa.

"Pemko Langsa tidak meminta duit. Namun hanya tenaga yang ikhlas, dan dapat kita berikan lewat gotong royong setiap sebulan sekali," tegasnya.

Ia juga menghimbau kepada para ASN terutama yang terlibat dalam kegiatan itu agar merawat lingkungan, seperti minimal menjaga kebersihan di rumah masing-masing.

"Kita berharap masyarakat menjaga lingkungan, membuang sampah di tempatnya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, yaitu mulai jam 9 malam sampai jam 7 pagi," seru Marzuki.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020