Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menargetkan kawasan wisata puncak Oregon menjadi ikon destinasi wisata daerah itu.

Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi mengatakan pihaknya akan terus melakukan pembenahan kawasan tersebut agar kedepannya mampu menjadi daya tarik untuk mendatangkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Kita ingin jadikan tempat ini sebagai salah satu ikon besar kita, maka dari awal ketika Pok Darwis datang, saya minta tunggu dulu, kita rapikan dulu, nanti setelah rapi akan kami serahkan ke Pok Darwis untuk pengelolaanya," kata Tgk Sarkawi, Senin.

Sarkawi berharap adanya dukungan dan partisipasi dari semua lapisan masyarakat untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata andalan daerah itu.

Menurutnya puncak Oregon harus dikelola dan dimiliki bersama tanpa ada penguasaan kawasan secara individu oleh satu dua orang saja.

"Puncak Oregon ini harus dimiliki oleh semua orang Gayo, tidak dimiliki oleh satu dua orang saja. Dan kita menginginkan tempat ini manfaatnya luas, keinginan Pok Darwis ini juga merupakan keinginan kita dan begitu sebaliknya. Kita ingin menjadikan alam itu suatu keunggulan bukan malah dirusak," tutur Sarkawi.

Bupati ini menuturkan bahwa puncak Oregon adalah tempat terbaik di Dataran Tinggi Gayo yang harus dikunjungi oleh siapa saja.

Ia menyebut tempat seperti puncak Oregon tidak banyak ditemukan di daerah-daerah lainnya, sehingga sangat layak untuk dijadikan sebagai ikon pariwisata Bener Meriah.

"Saya pernah berkunjung ke satu dua tempat di berbagai dearah sambil melihat potensi alam yang mereka miliki, tapi jujur dari beberapa tempat yang saya lihat saya belum bertemu tempat yang sekeren Oregon ini," sebut Sarkawi.

"Gayo sejatinya ada di sini, anda belum datang ke Gayo sebelum hadir ke Puncak Oregon. Tapi memang belum disentuh dan belum diolah dengan sempurna," ujarnya lagi.

Pada Minggu (12/1) kemarin Tgk Sarkawi bersama jajarannya juga melakukan penanaman pohon di kawasan puncak Oregon tersebut untuk tujuan penghijauan kawasan.

Tgk Sarkawi berharap kawasan tersebut dapat terus terpelihara keasriannya dengan kesadaran bersama untuk tidak merusak alam.

"Kita hijaukan tempat ini, kita olah dan kita perlu beberapa spot selfi, karena orang yang berkunjung perlu itu, kita perlu mushalla dan fasilitas lainnya. Bagaimana tempat ini menjadi tempat yang super keren, ini baru keren tapi belum super keren," ucap Tgk Sarkawi.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020