Kalangan pimpinan legislatif Banda Aceh menyoroti keluhan dari masyarakat setempat atas pelayanan yang diberikan oleh sebelas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di daerah yang berjuluk "Kota Serambi Mekkah" dewasa ini dan meminta agar segera ditingkatkan.

"Kita sudah minta bantu ke plt (pelaksana tugas) kepala dinas kesehatan, agar pelayanan puskesmas segera ditingkatkan lagi," ujar Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Usman di Banda Aceh, Jumat.

Hal ini diungkapkannya setelah melakukan kunjungan kerja pimpinan DPRK Banda Aceh di antaranya Ketua DPRK Farid Nyak Umar, dan kedua Wakil Ketua DPRK, yakni Usman dan Isnaini Husda ke Kantor Dinas Kesehatan Banda Aceh di Jalan Kulu II, Suka Damai, Kecamatan Baiturrahman.

Ia mengaku, permasalahan pelayanan di puskesmas sengaja diangkat pihaknya yang menjadi salah satu persoalan harus dituntaskan dari beberapa kecamatan mengingat Kota Banda Aceh telah menerima penghargaan "Gerakan Menuju 100 Smart City" tahun lalu.

Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh harus berbenah memperbaiki dan meningkatkan pelayanan khususnya bagi masyarakat terutama di tingkat gampong atau desa di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

Seperti diketahui, Banda Aceh sebagai ibu kota Provinsi Aceh memiliki total penduduk lebih dari 238 ribu jiwa dengan beragam suku dan agama yang mendiami pada sembilan kecamatan dengan 90 gampong (desa).

"Yang kita soroti masalah penyakit menular TBC (Tuberculosis), harus dilakukan tindakan tegas. Kedua adanya laporan dari masyarakat tentang layanan puskesmas, dan itu juga harus diantisipasi segera," kata dia.

Ia mengatakan, maksimalnya pelayanan kesehatan baik tingkat gampong maupun kecamatan, maka tentu masyarakat setempat akan terbantu karena mereka sendiri tidak ingin jatuh sakit.

"Kita minta kedepan agar dinas kesehatan segera membenahi. Kami dari unsur pimpinan DPRK Banda Aceh siap mendukung program-program yang diajukan oleh dinas kesehatan Banda Aceh ke Pemko Banda Aceh," tegas Usman.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh, dr Quratul Aini, mengatakan, selama ini pihaknya belum pernah menerima keluhan tentang pelayanan Puskesmas.

"Ya, itu justeru saya sangat berterimakasih sekali. Kalau semua minta ditingkatkan, berarti kepedulian mereka sangat tinggi kepada kami," terangnya.

"Terus terang saja bahwa saat ini kami sudah kurang sekali menerima aduan-aduan yang sifatnya negatif. Dan itu semua karena bentuk kepedulian baik dewan, dan masyarakat yang sering mengkritik kami, sehingga kami berusaha menjadi lebih baik," tutur Quratul.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020