Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh telah menyerahkan bantuan masa panik bagi warga korban kebakaran 11 rumah pada kawasan padat penduduk di Dusun Seulanga, Gampong (Desa) Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Ahad (9/2).

"Jadi kemarin beberapa jam usai damkar (pemadam kebakaran) berhasil memadamkan api, langsung kita datangi korban kebakaran untuk menyerahkan bantuan masa panik seluruh korban," ujar Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh, Senin.

Ia menyebut, terdapat 27 item barang-barang kebutuhan pokok dan peralatan di antaranya beras, minyak makan, ikan kaleng, air mineral, telur, mie instan, piring, gelas, kompor gas, tabung gas, kuali, pisau dapur, dan sendok makan.

Bantuan itu diserahkan dirinya bersama pihak terkait, seperti Sekretaris Dinas Sosial Bukhari, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Rizha, Camat Kuta Alam Reza Kamilin, dan beberapa pejabat di lingkungan pemko setempat.

Ketika menyerahkan bantuan tersebut, wali kota mengingatkan, kebakaran merupakan musibah yang tidak bisa diprediksi kapan waktu terjadi.

Ia mengatakan, musibah itu merupakan kehendak Tuhan Yang Maha Esa, sehingga warga yang menjadi korban diminta tetap tabah, kuat, dan sabar dalam menghadapi cobaan ini.

"Ini ujian dari Allah SWT, sekarang saatnya kita harus bangkit memohon petunjuk yang terbaik dari Allah agar kita menjadi lebih baik lagi ke depannya," kata dia.

Wali kota kembali meminta warga setempat supaya dapat menghafal, dan sekaligus menyosialisasikan nomor darurat pemadam kebakaran di Kota Banda Aceh, yakni 0651-113.

"Nomor ini harus dihafal, dan sosialisasikan ke tetangga. Saat terjadi musibah, nomor ini yang pertama dihubungi agar bantuan datang lebih cepat. Musibah tak bisa kita hindari, setidaknya kita bisa meminimalisir dampak dengan memiliki pengetahuan kebencanaan," tegas Aminullah.

Rahma Aidar (53), seorang korban kebakaran di Gampong Keuramat menyampaikan rasa terima kasih, karena bantuan kebutuhan pokok dan peralatan lain begitu cepat diberikan oleh orang nomor satu Kota Banda Aceh itu.

"Kami merasa terharu atas gerak cepat pak wali, dan jajarannya untuk memberikan bantuan. Bantuan masa panik ini, sangat saya butuhkan dan korban musibah kebakaran lainnya," ucap dia.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020