Harga gula pasar dan telur ayam serta beberapa jenis kebutuhan pokok lainnya di pasar tradisional di Kota Banda Aceh dan sekitarnya mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir 

Nur Kumalasari, pedagang di Pasar Peunayong Kota Banda Aceh di Banda Aceh, Kamis, mengatakan harga telur naik menjadi Rp38 ribu dari Rp35 ribu per papan. Sedangkan harga telur per ikat 10 papan Rp300 ribu.

"Harga telur naik sejak sepekan tersebut. Tapi, saya tidak tahu mengapa harga telur naik. Sedangkan persediaan selalu ada," kata Nur Kumalasari.

Jazulia, pedagang toko kelontong di Pasar Aceh, Banda Aceh, mengatakan harga gula naik menjadi Rp15 ribu dari harga Rp14 ribu per kilogram. Sedangkan harga gula per sak isinya 50 kilogram juga mengalami kenaikan Rp655 ribu menjadi Rp685 ribu.

"Biasanya harga barang mengalami kenaikan pada momen tertentu seperti bulan Ramadhan, hari meugang dan lainnya," ujar Jazulia.

Selain telur ayam dan gula pasir, harga kentang dan jeruk nipis juga mengalami kenaikan karena kurangnya persediaan. Sedangkan harga minyak makan mengalami penurunan dari Rp12.500 menjadi Rp11 ribu per kilogram.

"Kentang per kilogramnya naik menjadi Rp15 ribu dari Rp10 ribu. Jeruk nipis saat ini Rp14 ribu dari Rp8.000 per kilogram," kata M Nasir, pedagang di Pasar Peunayong, Banda Aceh.

Pewarta: Zubaidah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020