Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie melakukan kunjungan ke Jambi untuk melihat inovasi-inovasi yang diciptakan Kota Jambi.

"Kota Jambi inikan setiap hari semakin dikenal, banyak hal yang bisa kami pelajari dari Pemkot Jambi, seperti Smart City, Pelayanan Publik, dan seperti COC," kata Wakil Bupati Kabupaten Pidie, Fadhullah TM Daud di Jambi, Jum'at.

Menurutnya, terobosan-terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota Jambi akan dipelajari dan diterapkan di Kabupaten Pidie. Selain itu, sinergitas semua orginisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Jambi sudah terjalin baik demi suatu kemajuan, hal tersebut akan di terapkan di Kabupaten Pidie.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pidie juga akan mempelajari bagaimana Kota Jambi berhasil melaksanakan E-Kinerja.

"Penataan Kota Jambi sangat luar biasa, mengelola masyarakat yang banyak, padahal kota ini jarang dilirik, namun saat pertemuan, banyak sekali penghargaan yang didapat oleh Kota Jambi,” jelas Fadhullah TM Daud.

Sementara Wakil Wali Kota Jambi, Maulana menjelaskan berbagai macam inovasi yang ada di Kota Jambi, diantaranya seperti inovasi mobil home care, program Jambi bugar dan beberapa inovasi lainnya.

Maulana menerangkan, sebelum inovasi tersebut diciptakan, Pemerintah Kota Jambi terlebih dahulu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan SDM tersebut dilakukan dengan cara mengirim Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jambi belajar di Negara Singapura.

"Sepulang dari pendidikan mereka memang kami tuntut untuk terus berinovasi,” kata Maulana.

Selain itu juga, Maulana menyebutkan bahwa di Kota Jambi, calon pengantin harus menanam pohon sebelum menikah. Hal tersebut dilakukan sebagai suatu upaya menjaga paru-paru dunia.

“Itu sudah kita terapkan sejak lama, ada satu lahan khusus kami siapkan, tujuannya untuk membantu paru-paru dunia," lanjut Maulana.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020