Bupati Aceh Besar Mawardi Ali meninjau langsung sejumlah keluarga penerima program Aceh Besar Sejahtera (Pro Abes) yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat.

“Tinjauan ke lapangan ini merupakan bagian untuk memastikan program tersebut memberikan dampak langsung kepada masyarakat,” kata Mawardi Ali di Aceh Besar, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau langsung penerima manfaat Pro Abes, Maimunah warga Gampong Cot Leuot Kecamatan Blang Bintang.

Maimunah yang menjadi salah seorang penerima program yang dicanangkan Mawardi Ali-Husaini A Wahab dengan memanfaatkan dana yang diberikan tersebut sebagai modal usaha anyaman atap rumbia.

Mawardi mengatakan Pro Abes yang telah diluncurkan dengan memberikan bantuan langsung kepada penerima manfaat Rp1,8 juta per tahun juga bagian untuk menurunkan angka kemiskinan di daerah setempat.

Ia mengatakan Pemkab Aceh Besar telah mengalokasikan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Besar untuk Pro Abes dengan penerima manfaat sebanyak 5.000 kepala keluarga.

Mawardi mengatakan Pro Abes tersebut merupakan program bantuan yang diberikan kepada masyarakat miskin yang tidak mendapat bantuan dari program lainnya.

“Mereka yang menjadi penerima marupakan orang-orang yang layak mendapatkan bantuan sesuai dengan hasil verifikasi yang dilakukan oleh petugas Pro Abes yang ada di setiap kecamatan,” katanya.

Mawardi Ali menambah bantuan yang diberikan tersebut untuk membantu meringankan keluarga penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dalam kunjungan ke sejumlah keluarga penerima manfaat yang memanfaatkan dana yang diberikan untuk usaha seperti anyaman atap rumbia, tas bordir, dompet jahitbordir dan ternak, Mawardi Ali turut didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Jamaluddin, Kabag Humas Aceh Besar, Muhajir dan sejumlah pejabat lainnya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020