Sri Susi Hermawani, guru SMPN 1 Birem Bayeun, sukses meraih sebagai terbaik pertama sebagai guru berprestasi (Gurpres) jenjang SMP Tahun 2020.  

Pemberian hadiah, tropi dan plakat dipusatkan dalam penutupan guru berprestasi TK, SD dan SMP di SMPN 1 Peureulak, Sabtu (29/2).

Tim Dewan Juri menilai beberapa aspek sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) seperti dokumen portofolio, presentasi artikel dan tanya jawab, penilaian kinerja guru (PKG) dan tes tulis.

Penilaian masing-masing dilakukan tim dewan juri dari jenjang masing-masing, seperti penilik TK/SD melakukan seleksi Gurpres jenjang TK/SD. Begitu juga SMP dinilai pengawas SMP.

Setelah Sri Susi Hermawani diurutan pertama, lalu disusul Dra Mardiana, guru SMPN 1 Ranto Selamat, posisi ketiga diraih Joko Hariaji, guru SMPN 1 Peureulak, peringkat ke empat dan ke lima diraih Lela Manja, guru SMPN 1 Birem Bayeun dan Nurul Hayati, guru SMPN Pante Bidari.

Sedangkan lima besar guru berprestasi tingkat Taman Kanak-kanak Negeri (TKN) masing-masing Ninawati sebagai terbaik pertama, Tajul Mila (guru TKN Pembina Kabupaten Aceh Timur) terbaik ke dua, posisi ketiga diraih Suriati (guru TKN Pembina Peudawa).

Peringkat keempat dan kelima diraih Maulizar dan Erdiana dari TKN Pembina Nurussalam dan TKN Pembina Bungong Jeumpa.

Sedangkan lima besar guru berprestasi jenjang SD masing-masing Sri Wirahayu (SDN 1 Paya Bili Sa) sebagai terbaik pertama, Nuraini (SDN Blang Awe) sebagai terbaik kedua, Junidar (SDN 2 Alue Teh) diperingkat ketiga, Ria Agustini (SDN Alue Buloh) di urutan ke tiga dan Sri Matsiah (guru SDN Kumuneng Hulu) di urutan ke lima.

"Muda-mudahan, guru yang meraih nilai terbaik di tingkat kabupaten bisa memenangkan Gurpres tingkat provinsi nantinya," ujar Koordinator Pengawas SMP Aceh Timur Sufiono ketika menutup seleksi Gurpres Kabupaten Aceh Timur di SMPN 1 Peureulak.

Sufiono meminta posisi terbaik kedua ke bawah agar terus belajar dengan harapan tahun depan mampu menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten, sehingga nantinya bisa mewakili Aceh Timur ke ajang Gurpres Tahun 2021 Tingkat Provinsi Aceh.

"Terhadap guru yang belum menang, tetapi bertugas di daerah terpencil maka masih memiliki kesempatan ikut Gurpres katagori daerah terpencil tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pekan depan," demikian Sufiono.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020