Sebanyak 4.368 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Aceh Timur mengikuti Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2020.

Kegiatan berlangsung 2-3 Maret yang tersebar di 81 SMP didaerah itu. 

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur Saiful Basri menyebutkan sebanyak 29 SMP melaksanakan simulasi secara mandiri. Sementara 32 SMP lainnya menumpang ke SMP lain yang berdekatan. 

"Selama dua hari dilaksanakan simulasi, siswa/i diajarkan cara mengisi biodata dan menjawab soal sesuai dengan petunjuk dan teknis (juknis). Simulasi hari pertama bidang studi Bahasa Inggris hari pertama. Matematika dan Asismen Kompetensi Minimal (AKM) hari kedua," ujarnya.

Dikatakannya, simulasi selama ini berlangsung lancar dan tertib, tidak ada kendala. 

"Muda-mudahan melalui simulasi ini nantinya siswa/i memahami cara pelaksanaan UNBK," ujar Saiful Basri disela-sela meninjau Simulasi UNBK SMP Tahun 2020 di SMPN 1 Idi, Selasa (3/3).

Dia berharap, simulasi tersebut akan menjadi modal siswa/i dalam pelaksanaan UNBK SMP yang rencananya akan digelar, 20-23 April mendatang. 

"Kita berharap, nilai kelulusan UNBK tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya," harap Saiful Basri.

Oleh karenanya, guru diminta terus meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dalam upaya mencerdaskan siswa.

"Di sisi lain, peningkatan mutu tentu akan berdampak terhadap meningkatnya kelulusan siswa/i ke SMA dan MA ternama di Aceh dan luar Aceh," demikian Saiful Basri.


 

Pewarta: Hayuturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020