Banda Aceh, 7/7 (Antara) - Komplek bumi perkemahan "Seulawah Scout Camp" di kawasan pegununungan Seulawah, Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie, Aceh akan dijadikan sebagai pusat pelatihan gerakan kepramukaan di provinsi itu.

"Kedepan kita akan mengembangkan 'Seulawah Scout Camp' sebagai pusat pelatihan kepramukaan, namun itu akan terwujud jika pemerintah serius membangun komplek bumi perkemahan tersebut," kata Ketua Harian Kwarda Aceh Ramli Rasyid di Banda Aceh, Senin.

Bumi perkemahan "Seulawah Scout Camp" yang berjarak sekitar 78 kilometer arah timur Kota Banda Aceh itu diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sekitar Nopember 2010.

"Kedepan, semua kegiatan kepramukaan khususnya akan dipusatkan di 'Seulawah Scout Camp' dan daerah tersebut juga dikembangkan menjadi salah satu kawasan wisata unggulan Aceh," kata Ramli Rasyid.

Bumi perkemahan "Seulawah Scout Camp" dengan luas sekitar 82,50 hektare itu akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti areal expo, kawasan pasar rakyat, lokasi pendidikan dan barak-barak.

Saat ini, Ramli Rasyid menjelaskan sedang dibangun pagar pembatas areal "Seulawah Scout Camp" yang berbatasan dengan tanah masyarakat, selain beberapa bangunan utama yang telah selesai saat diresmikan oleh presiden, beberapa waktu lalu.

Sementara hasil pantauan, lokasi bumi perkemahan "Seulawah Scout Camp" saat ini telah ditumbuhi semak belukar yang terkesan menutupi bangunan dan terkesan telah diterlantarkan.

"Berbeda saat diresmikan, masyarakat meyakini dan optimistis bahwa kawasan ini akan maju. Tapi hari ini, sudah diterlantarkan. Artinya, cukup banyak uang dihabiskan untuk membayar ganti rugi tanah, sekaligus membangun berbagai fasilitas di dalamnya, namun akhirnya itu semua mubazir," kata Alwi, seorang warga. (Azhari)

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014