Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh mengungkapkan prakiraan tinggi gelombang laut mencapai 4 meter lebih membanyangi perairan Aceh, dan kondisi tersebut terjadi hingga beberapa hari ke depan.

"Waspada potensi gelombang laut tinggi di wilayah perairan utara Sabang, barat-selatan Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, dan sekitarnya dapat mencapai 4 meter lebih," ungkap Kepada Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Jumat.

Ia melanjutkan, sedangkan gelombang laut di wilayah perairan Selatan Malaka bagian utara berkisar satu hingga 1,5 meter, perairan utara-timur Aceh antara 0,5 sampai 1,25 meter, dan perairan Sabang-Banda Aceh 0,5 hingga satu meter.

Secara umum gelombang tinggi, lanjut dia, terjadi akibat tumbuhnya awan-awan konvektif atau awan hujan di atmosfer perairan Aceh, selain belokan arah angin yang bersifat konvergen, sehingga menyebabkan perlambatan massa udara pada atmosfer di provinsi paling barat Indonesia ini.

"Akibat adanya perlambatan massa udara ini, maka uap air yang terbawa angin terkumpul jadi satu. Kondisi ini menyebabkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang," katanya.

Ia memperkirakan, wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang dengan kecepatan 30 hingga 50 kilometer per jam atau lebih ketika cuaca buruk terjadi di pesisir barat-selatan, Simeuleu, Pulau Aceh, Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, dan Pidie, bagian utara terutama di pesisir.

"Hingga akhir pekan ini, angin kencang dengan arah mayoritas dari tenggara ke arat laut, lalu barat daya ke timur laut dengan kecepatan 10 sampai 20 kilometer per jam secara umum dirasakan di wilayah utara-timur Aceh. Bahkan kecepatan tersebut, bisa meningkat 50 kilometer per jam saat terjadi cuaca buruk," terangnya.

Ia mengaku, sementara wilayah yang berpeluang dilanda hujan ringan hingga sedang terjadi secara tidak merata, di antaranya Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Sabang, Aceh Timur, Lhokseumawe, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, dan Aceh Utara.

"Khusus warga yang tinggal di Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Subulussalam, kita minta agar meningkatkan kewaspadaan. Karena berpotensi dilanda angin kencang, hujan sedang hingga lebat disertai petir," tutur Zakaria.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020