Festival Mancing Tradisional dan Panen Raya Ikan menjadi kegiatan wisata yang digelar oleh BUMK Kampung Hakim Wih Ilang di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah, Selasa.

Direktur BUMK Tirtona Kampung Hakim Wih Ilang Alwin mengatakan kegiatan tersebut merupakan program wisata desa setempat melalui BUMK yang digelar selama dua hari dalam serangkaian acara besar panen raya ikan.

"Ini sudah masuk masa panen, kami sisipkan dengan festival untuk penghobi mancing, gratis. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan wisata," kata Alwin disela kegiatan festival mancing, Selasa.

Menurutnya ada puluhan ribu ekor ikan siap panen di dua kolam milik BUMK setempat.

Selain festival memancing dan panen raya kata Alwin kegiatan tersebut juga dirangkai dengan sesi pasar lelang ikan hasil panen.

"Dari hasil penjualan ikan nanti diberikan kepada anak yatim piatu, kaum dhuafa, dan beberapa unsur lainnya di Kampung Hakim Wih Ilang," tutur Alwin.

Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Sekda Bener Meriah Haili Yoga. Dalam sambutannya Haili Yoga mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh BUMK setempat.

Menurutnya hal itu patut dicontoh oleh kampung-kampung lainnya di Bener Meriah dalam upaya memajukan berbagai sektor ekonomi dan wisata di masing-masing kampung.

"Masyarakat Kampung Hakim Wih Ilang luar biasa atas inovasi-inovasi yang sudah dilakukan. Apresiasi kami atas program inovasi yang begitu baik yang layak untuk dikembangkan," tutur Haili Yoga.

"Harapan kita dengan acara seperti ini, inovasi yang dilakukan oleh BUMK Hakim Wih Ilang dapat menjadi contoh yang baik. Dan inovasi seperti ini seharusnya bisa diikuti kampung lain. Program ini nantinya akan menjadi program pemerintah daerah untuk ke depan," ujarnya lagi.


 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020