Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman tidak bosan-bosan mengajak warga kota agar sehari-hari tetap mematuhi protokol kesehatan demi menekankan penularan COVID-19 yang kini terus mengalami tren penurunan dengan jumlah 1.789 kasus terinfeksi.

"Penanganan COVID-19 di Banda Aceh hingga kini, terus membaik. Hal ini dibuktikan dengan status turunnya dari zona merah menjadi zona oranye," ujar Aminullah di Banda Aceh, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Aminullah di acara penyerahan masker secara simbolis dalam "Gebrak Masker" di Masjid Al Hasanah, Gampong (Desa) Geuceu Komplek, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh.

Wali kota menjelaskan, turunnya status tersebut dikarenakan pertumbuhan kasus terkonfirmasi positif yang selalu diimbangi dengan angka kesembuhan di daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah".

Dalam penyampaiannya, wali kota juga kembali meminta agar warga setempat tetap patuh, dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketetapan Peraturan Wali Kota (Perwal) Banda Aceh Nomor 51 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan COVID-19.

Dari data terakhir Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Rabu (14/10), menyebut, terdapat 401 orang atau 22,4 persen sedang menjalani perawatan, 1.327 orang atau 74,2 persen dinyatakan sembuh, dan 61 orang atau 3,4 persen meninggal dunia.

"Meski kini status kota turun ke zona oranye, pihaknya tetap meminta warga agar selalu mentaati prokes (protokol kesehatan), sehingga target zona hijau di akhir bulan Oktober 2020 bisa terealisasi," katanya. 

"Kuncinya, kita harus menjalankan protokol kesehatan yang baik dan benar. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan sesering mungkin, hindari kerumunan, dan jalankan protokol kesehatan dengan ketat," imbau Aminullah.

Pihaknya juga mengajak seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan di Kota Banda Aceh agar terus bersama-sama melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19, supaya kondisi ini kembali membaik. 

Wali kota dalam ksempatan ini menyampaikan apresiasi kepada pihak Gampong Geuceu Komplek atas kegiatan gerakan membagikan 6.000 masker gratis kepada masyarakat setempat.

"Saya menilai langkah Gampong Geuceu Komplek ini adalah upaya yang luar biasa. Apalagi masker yang dibagikan ini diproduksi sendiri oleh warga, sehingga membantu meningkatkan perekonomian di tengah pendemi," ungkapnya.

Ia menyebut, mengenakan masker merupakan salah satu langkah pencegahan yang harus dilakukan oleh masyarakat secara luas, agar tidak tertular atau menularkan virus corona. 

"Maskerku melindungi kamu, maskermu melindungi aku," pesan Wali Kota Aminullah diakhir sambutannya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020