Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh menggelar "rapid test" gratis kepada masyarakat guna mendeteksi penyebaran virus corona yang dikenal dengan sebutan COVID-19.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono di Banda Aceh, Jumat, mengatakan "rapid test" laksanakan di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh pada Sabtu (7/11) dan Minggu (8/11).

"Tujuan menggelar 'rapid test' untuk melacak penyebaran COVID-19. Bagi yang hasil tesnya reaktif dianjurkan memeriksa dengan tes usap dan karantina mandiri," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Perwira menengah Polri itu menyebutkan pelaksanaan "rapid test" bekerja sama dengan TNI. Polda Aceh menyediakan 100 alat uji untuk masyarakat saat tes di lapangan tersebut.

"Sasaran 'rapid test' adalah masyarakat yang sedang berolahraga di lapangan Blangpadang. Polda Aceh menyiapkan 100 alat tes. Kami mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan tes tersebut," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan "rapid test" merupakan deteksi awal terhadap COVID-19. Dari hasil tes, bisa dilakukan langkah pencegahan selanjutnya.

Kombes Pol Ery Apriyono menambahkan Polda Aceh terus melakukan upaya-upaya pencegahan COVID-19. Tidak hanya dengan "rapid test", tetapi juga kampanye protokol kesehatan serta operasi yustisi.

"Kendati kasus COVID-19 sekarang ini turun drastis, namun kami terus mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama selalu memakai masker dan menjaga jarak interaksi," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020