Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri menyatakan guru profesional akan menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, kompetitif dan produktif.

“Peran guru semakin penting dalam era global, karena dengan bimbingan guru akan menghasilkan SDM yang siap bersaing,” katanya di Aceh Besar, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya saat membuka  pelatihan instruktur guru SMA dan pelatihan pendalaman materi pelajaran umum bagi guru SMA dan SMK Tahun 2020 di Aceh Besar.

Ia menjelaskan Pemerintah Aceh terus bersemangat untuk melaksanakan pengembangan dan pembangunan di sektor pendidikan yang dipayungi oleh Qanun Aceh nomor 9 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pendidikan.

Ia mengatakan dalam melaksanakan tugas profesinya guru menyadari sepenuhnya bahwa perlu ditetapkan kode etik guru sebagai pedoman bersikap dan berperilaku dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika dalam jabatan guru sebagai pendidik putera-puteri bangsa.


Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang guru yang mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D-1V, kompetensi, dan sertifikasi pendidik.

Selain itu, sesuai perkembangan ilmu pengetahan, teknologi, dan seni, guru harus meningkatkan kompetensinya secara berkelanjutan. 

Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, memfasilitasi, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada satuan pendidikan jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

"Guru juga memiliki kewajiban membimbing murid, dari yang tidak tahu menjadi tahu dan dari yang tidak bisa menjadi bisa, serta dari yang salah menuju benar,” katanya.


Ia mengatakan seorang guru juga harus menilai dan mengevaluasi muridnya, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotoriknya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020