Harga telur ayam di pasar induk Lambaro Aceh Besar mengalami kenaikan dari Rp44 ribu per papan (isi 30 butir) menjadi Rp48 ribu per papan dalam tiga hari terakhir menyusul tingginya permintaan.

Kausar pedagang grosir di Pasar Lambaro, Aceh Besar, Jumat mengatakan Kenaikan tersebut terjadi secara bertahap mulai Rp43 ribu kemudian Rp44 ribu perpapan dan bertahan  Rp48 ribu per papan isi 30 butir sedangkan harga per ikat atau 10 papan sebelumnya Rp400 ribu dan kini naik Rp450 ribu.

“Kainakan harga tebus ditingkat pedagang besar juga menjadi pemicu naikanya harga jual ditingkat pengecer,” kata Kausar.

Selain itu, telur ayam, harga minyak curah juga masih bertahan pada harga Rp14 ribu per kilogram sedangkan harga minyak kemasan yakni Rp15 ribu per liter.

Hal senada juga disampaikan pedagang lainnya, Syukur. Ia mengatakan melonjaknya harga telur ayam dipicu oleh permintaan dari pembeli untuk pelaksaan pesta pernikahan, kenduri Maulid, dan hajatan lainnya yang sebelumnya tidak bisa dilaksanakan karena COVID-19.

Pewarta: Oni Deliana

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020