Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh menggelar kegiatan rapid test gratis dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-92 tahun ini.

Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) setempat menggelar rapid test khusus untuk kaum perempuan.

"Kegiatan rapid test gratis bagi kaum perempuan ini merupakan refleksi peringatan hari ibu yang diperingati setiap tahun tepatnya pada tanggal 22 Desember," tutur Puan Ratna pada kegiatan rapid test di Pendopo Bupati setempat, Sabtu.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian dan bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia sekaligus untuk ikut menyukseskan program pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Sebagaimana kita ketahui bersama peran perempuan terutama ibu amat penting sebagai tameng utama dalam melawan COVID-19. Paling mendasar yaitu memberikan penjagaan di rumah, baik bagi dirinya sendiri, suaminya, anak-anaknya, dan seluruh anggota keluarganya," kata Puan.

"Harapan kita melalui kegiatan ini dapat membantu pemerintah dalam menekan angka COVID-19 melalui deteksi dini dan upaya 3T yaitu test, tracing, dan treatment di kalangan perempuan," ujarnya.

Sementara Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam hal ini sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian ibu-ibu PKK dalam pencegahan COVID-19.

Shabela berharap agar semua pihak saat ini dapat ikut berkontribusi dalam mewujudkan situasi kondusif yang aman dari penyebaran COVID-19.

"Rapid test ini hanya sebagai bentuk antisipasi terhadap kemungkinan tertular oleh virus, sehingga akan ada tindakan lebih lanjut apabila hasilnya reaktif," kata Shabela.

Bupati ini juga mengimbau agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Menurutnya kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan adalah kunci penting dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Jadi pemutusan mata rantai penularan COVID-19 ini sangat tergantung peran serta kita dalam menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020