Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh menyatakan warga terinfeksi virus coron bertambah sebanyak 15 orang per hari ini, sehingga kasus yang masih aktif menjadi 988 orang.

"Kasus aktif merupakan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dan masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan mapun isolasi mandiri," kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Jumat.

Dia menyebutkan 15 kasus baru positif tersebut berdasarkan hasil uji swab kontak erat kasus sebelumnya atau warga yang bukan kontak erat namun menunjukkan gejala demam tinggi.

Belasan kasus baru yang dilaporkan itu meliputi warga Kota Banda Aceh dan Kota Lhokseumawe yang masing-masing tujuh orang, serta satu orang lainnya merupakan warga Kabupaten Aceh Besar. 

"Penambahan kasus baru di Aceh yang belasan orang itu dalam dua hari terakhir memang relatif sangat rendah dibandingkan dengan provinsi lain yang mencapai puluhan hingga ratusan kasus. Ini harusnya tidak membuat kita lengah dan mengabaikan protokol kesehatan," katanya. 

Menurut Jubir yang akrab disapa SAG itu, selama bencana non alam pandemi COVID-19 ini belum berakhir, maka upaya pencegahan infeksi virus corona harus terus diwaspadai untuk melindungi diri dan lingkungan sekitar.

“Saling melindungi antar sesama merupakan cara paling bijak dalam situasi krisis kesehatan masyarakat saat ini, katanya.

Secara akumulatif kasus COVID-19 telah mencapai 9.115 orang, di antaranya yang masih dirawat 988 orang, yang sudah sembuh sebanyak 7.753 orang dan 374 orang meninggal dunia. 

“Alhamdulillah, tidak ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir,” ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021