Dua unit rumah berkonstruksi permanen di Gampong (desa) Geuceu Iniem, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh hangus terbakar, Sabtu (20/2) sekitar pukul 11.45 WIB. 

"Pemilik dua rumah itu terdiri dari tiga KK, saat kebakaran mereka panik dan minta warga sekitar menghubungi pihak pemadam kebakaran," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh Rizha di Banda Aceh, Sabtu.

Rumah yang terbakar tersebut milik Khiriah (60) dan Samsuddin (42) warga setempat. Saat kebakaran pemilik sedang tidak berada di rumah.

Rizha menyampaikan, berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, api muncul pertama sekali dari kamar kosong tempat penyimpanan barang-barang yang tidak terpakai di rumah Samsuddin. 

"Dugaan karena ada korsleting listrik dari kamar kosong tersebut, sehingga api membakar rumah Samsudin dan cepat menjalar ke rumah Khairiah yang berdampingan," ujarnya.

Dalam upaya pemadaman, DPKP Banda Aceh menurunkan sebanyak lima unit armada pemadam kebakaran, dan api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 12.25 WIB.

Saat proses pemadaman turut dibantu petugas PLN, Polsek Banda Raya di back up Polresta Banda Aceh, relawan ERPA, RAPI dan Koramil setempat dalam pengamanan di lokasi kejadian. 

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, dan penyebab kebakaran diduga karena korsleting arus listrik, namun untuk pengembangan selanjutnya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," kata Rizha.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021