Para pedagang pasar tradisional di Kota Solo, yaitu Pasar Gede dan Pasar Klewer, mulai mengikuti penyuntikan vaksin COVID-19 yang dilakukan Sabtu (27/2).

Salah satu pedagang di Pasar Klewer Sumarni mengatakan tidak ada persiapan apapun untuk mengikuti penyuntikan vaksin ini. Meski demikian, ia agak khawatir karena tekanan darah di atas normal.

"'Nggak takut, tetapi tekanan darah agak tinggi, tidak ada persiapan apa-apa juga," kata pedagang yang sudah berjualan pakaian di Pasar Klewer selama 10 tahun terakhir.

Pedagang lain Sarjono mengatakan sudah mengetahui bahwa dia terdaftar untuk divaksin dari Paguyuban Pedagang Pelataran Pasar Klewer (P4K). Selanjutnya, dikatakannya, ada sosialisasi dari DKK Surakarta.

"Pada sosialisasi tersebut diberitahukan bahwa ada cara-caranya, diminta agar tidak usah takut. Ini tadi habis disuntik juga tidak terasa pegal sama sekali," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan untuk jumlah pedagang Pasar Gede yang mengikuti vaksin sebanyak 680 orang dan Pasar Klewer 3.800 orang.

"Ini kan Sabtu-Minggu kami selesaikan Pasar Gede. Kalau Pasar Klewer hari ini sampai Jumat,  karena pedagangnya banyak. Kemudian dilanjutkan Pasar Depok dan Pasar Harjodaksino," katanya.

Ia mengatakan pedagang juga kompak mengikuti vaksin dan tidak ada penolakan dari mereka.

"Tidak ada keluhan sama sekali. Saya salut sekali sama pedagang Pasar Gede," katanya.

Pewarta: Aris Wasita

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021