Bupati Aceh Tamiang Mursil mengatakan penyuluh pertanian swadaya merupakan pionir pembangunan pertanian karena mereka mampu merakit teknologi inovasi yang langsung menjadi contoh bagi kelompok tani. 

“Penyuluh swadaya ini sebagai pionir dan pemberi contoh kepada masyarakat, karena mereka mampu bekerja mandiri tanpa mengharapkan bantuan pemerintah,” kata Mursil dalam siaran pers diterima di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya saat menyerahkan penghargaan kepada Irwansyah, petani asal Sungai Kuruk I Kecamatan Seruway, sebagai Penyuluh Swadaya Teladan se-Aceh Tahun 2020.  

Ia mengatakan pemerintah sudah sepatutnya mendukung dan memberi apresiasi untuk Irwansyah. 

“Kita harus mendukungnya, karena sosok Irwansyah telah terbukti  mampu mengadopsi serta mengaplikasikan inovasi teknologi sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang Yunus mengatakan momen tersebut akan tumbuh dan muncul milenial baru yang menjadi penyuluh swadaya seperti sosok Irwansyah. 

“Kami meyakini dengan bimbingan dan pendampingan yang intensif serta berbagai macam terobosan akan lebih banyak lagi kaum muda untuk menjadi penyuluh swadaya,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021