Banda Aceh, 5/12 (Antaraaceh) - Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kodam IM), Provinsi Aceh menggelar pesta rakyat yang dipusatkan di Lapangan Blangpadang, Kota Banda Aceh, 6 - 19 Desember 2014.
"Pesta rakyat digelar dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke 69 Kodam Iskandar Muda," kata Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Arh Subagio Irianto di Banda Aceh, Jumat.
Perwira menengah TNI tersebut mengatakan, sejumlah rangkaian kegiatan sudah disiapkan untuk memeriahkan peserta rakyat yang digelar di lapangan di pusat Kota Banda Aceh itu.
"Rangkaian pesta rakyat yang digelar siang malam itu di antaranya pasar malam, hiburan dan tarian, lomba grup band, serta kegiatan lainnya," ungkap Kolonel Arh Subagio Irianto.
Selain pesta rakyat, kata dia, Kodam Iskandar Muda juga digelar festival kuliner daerah, panggung hiburan serta permainan rakyat pada 20 dan 21 Desember 2014.
Sedangkan pada 21 Desember, sebut dia, Kodam Iskandar Muda menggelar lomba karnaval perahu hias yang dipusatkan di Krueng Aceh, Peunayong, yang juga melintasi Markas Kodam Iskandar Muda.
"Tujuan pesta rakyat HUT ke 69 Kodam Iskandar Muda untuk menghibur masyarakat Aceh serta bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya di provinsi ujung barat Indonesia," kata Kolonel Arh Subagio Irianto.
Kodam Iskandar Muda berdiri pada 22 Desember 1956. Pada 26 April1985, wilayah teritorial Kodam Iskandar Muda yang hanya meliputi Provinsi Aceh dilikuidasi dan digabungkan dengan Kodam Bukit Barisan yang bermarkas di Medan, Sumatera Utara.
Kodam Iskandar Muda kembali diaktifkan pada 5 Februari 2002. Panglima Kodam Iskandar Muda sejak diaktifkan adalah Mayor Jenderal TNI Djali Yusuf. Dan kini, Panglima Kodam Iskandar Muda dijabat Mayjen TNI Agus Kriswanto.

Pewarta:

Editor : Antara Aceh


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014