Tren busana muslim model Korea dan Malaysia kini diminati kalangan milenial dan kaum perempuan di Provinsi Aceh menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah.

“Model Korea dan Malaysia ini sangat dicari pelanggan, selain bahannya lembut dan dingin, desainnya juga trendi,” kata Titiek Yulizar, seorang pemilik butik "Detik Mode" di Blok B Nomor 7-8 Pasar Raya Meulaboh, Rabu.

Menurutnya, busana muslim yang dijual tersebut selama ini sangat digandrungi oleh kalangan generasi muda, karena selain berbahan lembut, juga motif yang digunakan lebih simpel dan terbaru.

Selain itu, busana muslimah yang diminati kaum perempuan di Aceh juga mengikuti mode terkini, seperti yang digunakan oleh kalangan artis dan selebgram sehingga bisa dipakai dalam berbagai kegiatan resmi atau pun non resmi.

Soal harga, kata Titiek, busana muslim produksi dalam negeri maupun luar negeri tersebut dijual dengan harga terjangkau, berkisar antara Rp200 ribuan hingga Rp300 ribuan per lembar.

“Kalau soal harga, biasanya konsumen tidak masalah. Karena yang penting kualitasnya bagus dan berkualitas,” kata Titiek menambahkan.
 
Pramuniaga toko menyusun busana muslim model Korea dan Malaysia yang dijajakan di sebuah butik "Detik Mode" di Kompleks Pasar Raya Meulaboh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat, Rabu (28/4/2021). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Ia mengakui, pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah atau pada tahun ini, permintaan pakaian jadi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

“Semoga ekonomi semakin membaik ya, kami harapnya sih begitu. Jadi, sebagai pengusaha kami terus bisa bertahan di kondisi saat ini,” katanya mengharapkan.

Sementara itu, Lisa, seorang pramuniaga yang ditemui di Pasar Raya Meulaboh Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat juga menuturkan hal yang sama.

Menurutnya, selain trend busana muslim model Korea dan Malaysia, sebagian besar kalangan perempuan lebih meminati pakaian busana muslim yang terkini dan memiliki model terbaru.

Sebagai daerah yang kental dengan penerapan syariat Islam, kata dia, banyak masyarakat di Aceh Barat atau pun di Aceh lebih memilih busana muslim atau busana Syar’i.

Selain menutup aurat, busana muslim juga bisa digunakan dalam berbagai aktivitas harian atau pun aktivitas bisnis atau pun berada di kantor, ujarnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021