Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh Irjen Pol Wahyu Widada didampingi sejumlah pejabat utama Polda Aceh meninjau pos pelayanan Operasi Ketupat Seulawah 2021 di wilayah hukum Polres Lhokseumawe.

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada di Lhokseumawe, Sabtu, mengatakan kedatangannya untuk melihat langsung kesiapan pos pengamanan dan pelayanan Operasi Ketupat Seulawah 2021.

"Saya mengapresiasi kesiapan Polres Lhokseumawe untuk memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat dalam persiapan menyambut lebaran," kata Irjen Pol Wahyu Widada.

Menurut Irjen Pol Wahyu Widada, Operasi Ketupat Seulawah tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, sehingga lebih memfokuskan untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

"Pemerintah telah mengeluarkan perintah larangan mudik, diharapkan kepada seluruhnya agar dapat mematuhi aturan tersebut, tujuannya adalah untuk keselamatan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan saat ini tren kasus COVID-19 di Aceh terus naik dan kondisi ini hampir sama dengan tahun lalu. Kasus COVID-19 hingga April tahun lalu masih stabil, namun memasuki Mei sampai Oktober terjadi peningkatan kasus COVID-19 yang sangat sangat luar biasa tajam

"Hingga pada Oktober tahun lalu, hampir seluruh wilayah di Aceh berstatus zona merah. Kejadian tahun lalu menjadi pelajaran bagi, jangan sampai terulang kembali," ucapnya.

Irjen Pol Wahyu Widada mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mematuhi dan menaati aturan pemerintah untuk tidak melakukan mudik demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Esensinya adalah larangan mudik tersebut dilakukan untuk membatasi pergerakan orang, sehingga COVID-19 tersebut tidak dapat menyebar, karena kita tidak tahu siapa yang membawa virus tersebut," sebutnya.

Kapolda Aceh menegaskan bahwa pihaknya telah siap dalam melakukan pengamanan dan pelayanan Operasi Ketupat Seulawah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

"Namun, kami menyadari bahwa apa pun usaha yang kami lakukan tidak akan berhasil tanpa bantuan dari masyarakat. Oleh karena kesadaran dan kerja sama dari masyarakat untuk menekan penyebaran COVID-19," kata Irjen Pol Wahyu Widada.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021