Ulama kharismatik Aceh Tgk H Muhammad Nur yang akrab disapa Abu Keunire wafat di Rumah Sakit Umum Daerah Zubir Mahmud di Idi, Kabupaten Aceh Timur.
 
Direktur RSUD Zubir Mahmud Edy Gunawan di Aceh Timur, Jumat, mengatakan almarhum wafat pada Kamis (10/6) sekira pukul 14.30 WIB. Almarhum Abu Keunire wafat karena sakit.
 
"Selama ini, beliau dirawat di Ruang Shafa 8 RSUD Zubir Mahmud. Tiga hari sebelum beliau meninggal dunia, kesadaran beliau mulai menurun. Dan kemarin beliau berpulang ke Rahmatullah,” kata Edy Gunawan.
 
Kabar duka berpulangnya Abu Keunire yang selama ini juga menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Timur cepat beredar di berbagai media sosial.
 
Selain menjabat Ketua MPU Aceh Timur, Abu Keunire juga pimpinan Dayah Darussa’adah, Desa Ulee Gajah, Kecamatan Darul Falah, Aceh Timur. Almarhum dimakamkan di kompleks dayah dipimpinnya.
 
Abu Keuniree semasa hidupnya mempunyai jamaah pengajian hampir di seluruh Aceh. Abu Keuniree dikenal pintar dan cepat menerjemahkan kitab-kitab besar.
 
Selain aktif dalam memimpin dayah dan mengajar berbagai kitab di lembaga pondok pesantren, Abu Keuniree juga sering bertindak sebagai khatib shalat jumat di berbagai masjid di Aceh Timur dan sekitarnya.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021