Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Pertanian dan Pangan terus meningkatkan produktivitas pertanian dengan menyalurkan benih padi unggul kepada petani di kabupaten itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara Erwandi di Lhokseumawe, Kamis, mengatakan bantuan benih padi unggul tersebut mendorong petani meningkatkan produktivitas, sehingga ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19 tetap terus terjaga.

"Kami berharap melalui pemberian benih padi unggul bantuan program Kementerian Pertanian ini dapat membangkitkan dan menggerakkan kembali sektor pertanian di Kabupaten Aceh Utara," kata Erwandi.

Erwandi mengatakan benih yang disalurkan kepada petani yakni varietas unggul Inbrida Padi Sawah Irigasi (Inpari) 32. Jumlah benih yang disalurkan mencapai 172.750 kilogram.

"Benih padi varietas Inpari 32 ini dibagikan kepada petani di 132 desa di Aceh Utara. Total luas area sawah yang akan ditanami benih unggul tersebut mencapai 6.910 hektare," kata Erwandi.

Erwandi mengatakan pertanian merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara. Pertanian menjadi sektor penting dan strategis dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19.

Untuk pengembangan pertanian padi di Aceh Utara, kata dia, Pemerintah Aceh telah mengadakan program penanaman padi Indeks Pertanaman (IP) 300. Metode IP 300 menjadi terobosan bagus karena penanamannya akan dilakukan hingga tiga kali per tahun.

"Pastinya dengan Metode IP 300 ini, hasil panennya akan melonjak. Setiap hektare sawah disalurkan 25 kilogram benih dan 50 kilogram pupuk," kata Erwandi.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021