Harga hewan ternak di Kabupaten Simeulue melonjak menyusul meningkatnya permintaan menjelang hari raya Idul Adha 1442 Hijriah atau 2021 Masehi.
 
Mustakim, agen penjual ternak kerbau di Simeulue, Sabtu, mengatakan permintaan hewan ternak seperti kerbau, sapi, dan kambing meningkat setiap menjelang hari raya Idul Adha . 
 
"Karena permintaan meningkat, harga hewan ternak yang akan dikurbankan pada hari raya haji itu juga melonjak," kata Mustakim.
 
Mustakim menyebutkan harga seekor kerbau kurban saat ini bervariasi. Mulai dari Rp10 juta hingga Rp16 juta per ekornya.
 
"Harganya bervariasi. Yang pasti saat ini harga hewan kurban tidak ada lagi yang di bawah Rp 10 juta. Selain harganya naik drastis barangnya juga sudah susah dicari," jelas Mustakim.
 
Mustakim mengatakan jika masyarakat berniat ingin membeli hewan kurban pada hari raya Idul Adha, sebaiknya membeli jauh hari sebelumnya. Selain masih mudah mencari juga harganya masih jauh lebih murah.
 
"Kalau saat ini harganya sudah cukup tinggi," ucap Mustakim.
 
Abdul Rauf, pengurus masjid di Simeulue yang mencari hewan kurban membenarkan harga hewan ternak jauh meningkat dari sebelumnya.
 
"Beberapa waktu lalu kami cari kerbau untuk disembelih saat hari raya haji nanti. Seekor kerbau yang kupingnya lebih panjang dari tanduk diberi harga Rp16 juta," pungkas Rauf.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021