Komandan Kodim (Dandim) 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto meminta seluruh bintara pembina desa (babinsa) di jajarannya berperan aktif menangani pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kodim Aceh Utara mengambil bagian dalam mendukung pemerintah menangani COVID-19. Saya instruksikan seluruh Danramil dan babinsa mengoptimalkan perannya," kata Letkol Arm Oke Kistiyanto di Lhokseumawe, Sabtu.

Letkol Arm Oke Kistiyanto menambahkan, Kodim Aceh Utara telah menurunkan babinsa di tingkat kecamatan dan gampong mendampingi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Saya minta prajurit TNI menjalin koordinasi nyata di lapangan dengan babinkamtibmas, camat, keuchik, dan perangkat desa lainnya untuk mengawal pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," katanya.

Letkol Arm Oke Kistiyanto menjelaskan bahwa saat ini pemerintah terus menggalakkan penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dengan air bersih, jaga jarak.

"Babinsa juga harus memantau kegiatan masyarakat seperti melaporkan jika ada tetangga atau kerabatnya yang baru pulang dari luar daerah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya klaster penyebaran COVID-19 di daerah tersebut," sebutnya.

Letkol Arm Oke Kistiyanto juga meminta babinsa agar lebih masif melakukan sosialisasi dan dapat menegur pelanggar protokol kesehatan untuk dapat memberikan contoh yang benar.

"Jika ada pemuda katakanlah tidak memakai masker, babinsa harus mengingatkan, namun dengan tetap menjunjung tinggi kekeluargaan," katanya.

Letkol Arm Oke Kistiyanto meminta agar anggota TNI bisa mengayomi dan membantu masyarakat selama pandemi COVID-19. Hal itu menjadi tugas pokok babinsa serta terwujudnya kemanunggalan TNI bersama rakyat.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021