PT Bank Syariah Indonesia Tbk menyatakan terus melakukan perbaikan dan inovasi untuk melayani kebutuhan transaksi keuangan masyarakat Aceh melalui BSI Smart.

“Sebagai implementasi dari Qanun Aceh, BSI menyiapkan strategi layanan agen laku pandai yang semula BRI Link menjadi BSI Smart yaitu layanan keuangan laku pandai BSI (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) tanpa kantor,” kata Direktur Bisnis Retail Bank Syariah Indonesia Kokok Alun Akbar di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela peluncuran BSI Smart yang turut dihadiri Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Aceh Yusri dan Kepala Kantor Fungsional BRI Aceh Wibowo Prihardjianto dan CEO Region PT Bank Syariah Indonesia Region Aceh Wisnu Sunandar.

Ia menjelaskan BSI Smart merupakan bentuk adaptif BSI terhadap kebutuhan nasabah sekaligus melayani nasabah tanpa harus melanggar protokol kesehatan. 

Ia mengatakan dengan sumber daya yang dimiliki oleh BSI, Pihaknya optimis seluruh wilayah Provinsi Aceh bisa terlayani. 

“Kesiapan BSI dalam melayani masyarakat Aceh dengan terus memperbaiki seluruh layanan dan sistem jaringan di Aceh sehingga dapat menjangkau seluruh daerah,” katanya.

Ia mengatakan melalui BSI Smart itu pihaknya berharap menjadi salah satu fasilitas kemudahan yang dapat diakses masyarakat Aceh.

Ia menyebutkan BSI Smart memiliki 9700 agen warisan BRILink, dengan adanya Qanun pihaknya meneruskan brilink tersebut dengan bsi smart, 6750 sudah bergabung dengan BSI smart. 

Ia merincikan saat ini sudah ada 73 yang dilengkapi edc dan pada posisi September nanti akan ada 1000.

“Saat ini fitur yang dapat digunakan pembukaan rekening bsi, setor dan tarik tunai, pembayaran token dan juga sudah bisa melayani bansos,” kata Kokok.

BSI Smart merupakan layanan keuangan laku pandai BSI (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) yang dapat melayani kebutuhan masyarakat diantaranya pembukaan rekening, setor dan tarik tunai, transfer, pembayaran token listrik PLN dan penyaluran dana non tunai untuk bantuan sosial di Aceh.  

Selain itu, dari sisi agen BSI Smart juga dilengkapi mesin EDC dan android yang dapat mengakses online sehingga transaksi dapat dilakukan secara realtime.

Dalam softlaunching diluncurkan EDC kepada 73 agen BSI Smart dan akan terus dilakukan perluasan jaringan BSI Smart di seluruh wilayah Aceh. 

Saat ini ada sekitar 7 Ribu agen BRI Link yang nantinya akan beralih menjadi agen BSI Smart dan siap melayani transaksi keuangan masyarakat Aceh.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021