Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan penambahan 562 orang pasien infeksi virus corona di provinsi setempat yang dilaporkan sembuh per hari ini dan paling banyak warga asal Kota Banda Aceh yang mencapai 409 orang.

“Berdasarkan jumlah yang sembuh hari ini merupakan kasus sembuh harian paling tinggi sejak virus corona menulari masyarakat Aceh,” kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Sabtu.

Selain warga Banda Aceh, dia mengatakan, pasien sembuh itu juga terdapat di Kabupaten Aceh Besar 47 orang, Aceh Singkil 30 orang, Bener Meriah 15 orang, Aceh Selatan 14 orang, dan warga Aceh Tengah sebanyak 12 orang dan warga Aceh Tamiang 11 orang.

Baca juga: Aceh minta tambahan stok vaksin COVID-19 dari Pemerintah Pusat

Selanjutnya warga Aceh Utara sembilan orang, Pidie Jaya lima orang, warga Aceh Timur dan Aceh Barat Daya masing-masing tiga orang. Sedangkan empat orang lainnya tersebar masing-masing satu orang di Lhokseumawe, Aceh Jaya, Aceh Barat dan warga Simeulue.

“Alhamdulillah kasus sembuh semakin banyak. Kita terus berikhtiar dan berdoa agar pasien-pasien COVID-19 di Aceh segera sembuh kembali menysul para penyintas COVID-19 lainnya,” katanya.

Kendati demikian, Jubir yang akrab disapa SAG itu juga meminta agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Baca juga: Dinkes Nagan Raya kumpulkan pakta integritas jelang vaksin tahap ketiga

Hal itu perlu diperhatikan mengingat penuluran virus corona masih terus terjadi di tengah masyarakat. Kata dia, dibuktikan dengan penambahan kasus per hari ini yang mencapai 397 orang, meliputi warga Banda Aceh 135 orang dan Aceh Besar 68 orang.

Kemudian jugas warga Pidie 38 orang, Aceh Tamiang 26 orang, Aceh Singkil 22 orang, Bireuen 21 orang, Langsa 12 orang, Sabang 11 orang, Lhokseumawe dan Pidie Jaya 10 orang, Aceh Timur dan Aceh Barat delapan orang, Gayo Lues dan Bener Meriah tujuh orang, Aceh Utara empat orang, Aceh Tenggara, Aceh Jaya, Subulussalam, Simeulue dan Aceh Selatan, masing-masing dua orang.

Baca juga: Kodam Iskandar Muda terus kawal program vaksinasi vaksin COVID-19

“Sedangkan penderita COVID-19 yang meninggal dunia juga bertambah 16 orang lagi,  yakni warga Banda Aceh 15 orang, dan satu lagi warga Aceh Tamiang,” katanya.

Secara akumulatif kasus COVID-19 Aceh telah mencapai 27.117 orang, di antaranya yang sedang dirawat atau isolasi mandiri sebanyak 6.046 orang, yang telah sembuh sebanyak 19.915 orang, sedangkan kasus meninggal dunia telah mencapai 1.156 orang.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021