Tapaktuan, 22/2 (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Selatan H T Sama Indra didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Cut Yusminar APi serta Kepala BKPPP Ir Herman Arsyad, melakukan panen perdana ikan nila di Desa Pasie Asahan Kecamatan Kluet Utara, Jumat (20/2).

Bupati Sama Indra menyatakan sangat bangga dan senang melihat hasil produksi budidaya ikan air tawar yakni jenis ikan nila yang dikembangkan oleh kelompok tani desa setempat dibawah binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan.

Bupati mengharapkan, program pembudidayaan ikan air tawar terus dikembangkan di Aceh Selatan khususnya di wilayah Kluet Raya yang telah ditetapkan sebagai wilayah program minapolitan.

Hasil budidaya ikan yang dipanen tersebut merupakan program pengembangan produksi perikanan budidaya di kawasan minapolitan yang tersebar di lima kecamatan dalam wilayah Kluet Raya Aceh Selatan meliputi Kecamatan Pasie Raja, Kluet Utara, Kluet Selatan, Kluet Tengah dan Kluet Timur yang keseluruhan areal yang sedang dibudidayanya mencapai 27,24 hektare yang merupakan program tahun 2014.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sama Indra menyatakan optimis bahwa potensi perikanan di Aceh Selatan cukup menjanjikan karena pangsa pasar masih sangat terbuka lebar.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Selatan, Syakban S.Pi, menyatakan potensi kawasan minapolitan di daerah itu mencapai 5.643 Ha, sementara yang baru tergarap baru 5 persen dari potensi yang ada tersebut, sedangkan komoditas yang dikembangkan meliputi ikan nila, bandeng dan ikan mas.

Bersamaan dengan itu, Bupati juga meninjau unit pembenihan rakyat di Desa Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara dan lokasi tambak di Desa Ladang Tuha Kecamatan Pasie Raja.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015