Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan 457 pasien infeksi virus corona dilaporkan sembuh per hari ini, paling banyak warga asal Kota Banda Aceh.

"Pasien terinfeksi virus corona yang dinyatakan sembuh bertambah lagi sebanyak 457 orang di Aceh, Banda Aceh dilaporkan sebanyak 109 orang," kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Sabtu.

Selain Banda Aceh, dia melanjutkan, pasien COVID-19 sembuh juga terdeteksi di Pidie  90 orang, Aceh Selatan 76 orang, Aceh Besar 48 orang, Aceh Tamiang 28 orang, dan Lhokseumawe 27 orang. 

Kemudian, warga Bireuen dan Subulussalam masing-masing 26 orang, warga Aceh Singkil 10 orang, Aceh Barat Daya tujuh orang, Langsa enam orang, dan warga Pidie Jaya sebanyak empat orang. 

Selain itu, kata dia, kasus baru COVID-19 juga bertambah 207 orang per hari ini meliputi warga Banda Aceh 80 orang, Bireuen 19 orang, Aceh Besar 17 orang, Pidie 15 orang, dan Gayo Lues 13 orang, Aceh Barat sembilan orang, Lhokseumawe delapan orang, Langsa tujuh orang, Aceh Timur enam orang, dan Nagan Raya lima orang. 

Selanjutnya warga Aceh Tamiang, Sabang dan Aceh Selatan empat orang, Aceh Tenggara dan Aceh Utara tiga orang, warga Pidie Jaya, Simeulue dan Aceh Singkil dua orang, serta warga Aceh Tengah, Aceh Jaya, Aceh Barat Daya dan Subulussalam satu orang. 

"Kasus meninggal dunia juga bertambah 25 orang, namun bukan kasus baru. Yang meninggal dunia hari ini dua orang, sisanya kejadian sejak awal September 2021,” katanya.

Sebab itu, Jubir yang akrab disapa SAG itu mengimbau Satgas Penanganan COVID-19 kabupaten/kota untuk melakukan verifikasi kasus meninggal dunia di daerahnya pada kesempatan pertama dan segera dilaporkan supaya data COVID-19 Aceh tidak mengalami bias waktu. 

“Laporan segera setelah peristiwa sangat diperlukan karena faktor waktu variabel penting dalam analisis epidemiologi untuk kepentingan formulasi kebijakan penanganan COVID-19 di Aceh," katanya.

Hingga kini, secara akumulatif kasus COVID-19 Aceh telah mencapai 35.784 orang, di antaranya pasien yang sedang dirawat 6.041 orang, pasien yang telah sembuh 28.061 orang, sedangkan meninggal dunia sudah mencapai 1.682 orang.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021