Lhokseumawe (ANTARA Aceh) -    Kota Lhokseumawe, Aceh,merupakan daerah yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pesisir pantai, sehingga salah satu kegiatan ekonomi masyarakatnya juga ikut berkecimpung di bidang perikanan, baik tangkap maupun budidaya.
     
Untuk sektor budidaya perikanan, Kota Lhokseumawe, memiliki ciri khas tersendiri yang bernilai ekspor dan menjadi andalan budidaya perikanan saat ini, yaitu kan kerapu yang saat sekarang telah menjadi ikon daerah.
     
Budidaya jenis ikan itu didukung oleh aliran sungai yang sangat cocok untuk pengembangannya, yaitu aliran Sungai Krueng Cunda, dimana alirannya memiliki dua muara yang masing-masing tembus ke laut, sehingga cocok untuk kerapu, karena memiliki kadar  keasinan dan sirkulasi air yang bagus.
     
Kepala Dinas Kelautan Perikanan Peternakan dan Pertanian Kota Lhokseumawe Rizal mengatakan,  dari berbagai jenis ikan budidaya sungai air asin dan air payau yang dilakukan petani keramba di daerahnya adalah ikan kerapu.
     
Ia menyatakan, tidak semua jenis ikan kerapu yang dibudidayakan, tapi ada jenis tertentu yang dianggap lebih ekonomis dan sesuai dengan permintaan pasar, yaitu kerapu macan, karena nilai ekonominya tinggi.
    
“Ikan kerapu jenis macan menjadi produk unggulan budidaya perikanan di Kota Lhokseumawe dan berkembang sangat baik di perairan sungai dan memiliki prospek pasar yang baik di luar daerah,” jelas Rizal.
     
Produksi ikan kerapu macan hasil budidaya petani keramba di Lhokseumawe setiap minggunya mencapai satu ton. Umumnya, ikan tersebut dibawa keluar Aceh,  dengan tujuan Kota Medan, Sumatera Utara.
     
“Ikan kerapu itu, umumnya dikirim dalam keadaan hidup dengan wadah tertentu serta daerah tujuan utama adalah Sumatera Utara. Karena umumnya, petani sudah ada hubungan langsung dengan penampung, yang juga selain untuk kebutuhan usaha kuliner kelas tinggi juga untuk dieskpor,” ungkapnya.
     
Mengingat besarnya potensi yang dimiliki, ia sangat mengharapkan kepada kementerian terkait dan berbagai pihak untuk dapat membantu budidaya perikanan di Lhokseumawe, kata Rizal.
     
Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe T Sofianus mengatakan, budidaya kerapu itu elah banyak memberi kontribusi terhadap ekonomi masyarakat.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015