Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Prosesi lepas sambut Kapolres Aceh Selatan dari AKBP Sigit Jatmiko SH SIK ke AKBP Achmadi SIK  berlangsung dalam suasana khidmat dan penuh keharuan di Markas komando Polres setempat, Rabu (22/4) siang.

Prosesi dimulai dengan menyambut Kapolres Aceh Selatan yang baru, AKBP Achmadi SIK. Sebelumnya, Achmadi menjabat sebagai Kapolres Aceh Utara.

Setelah beberapa menit menggelar perbincangan di markas komando, AKBP Sigit Jatmiko SIK perlahan keluar dan tampak menahan kesedihannya. Puluhan personil Polres Aceh Selatan diantaranya ratusan anggota dan perwira serta ibu bhayangkari, dan juga para pegawai negri sipil (pns) turut serta mengikuti agenda itu dengan khidmat.

Pantauan  dilokasi, beberapa staf sempat meneteskan tangis haru ketika mantan Kapolres yang telah menjabat lebih dari tiga tahun itu hendak meninggalkan markas yang turut membesarkan namanya. Sigit merupakan sosok ayah bagi seluruh anggota Polres Aceh Selatan. Saat acara berlangsung, dia tidak sungkan memeluk, meminta maaf, dan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota yang telah membantu karirnya selama ini.

"Terima kasih kepada kalian semua, semoga hubungan kita sebagai keluarga tidak akan terputus. Semoga pemimpin yang baru bisa membawa Polres Aceh Selatan lebih baik dari kepemimpinan saya," ujar Sigit dalam sambutannya.

Sigit menambahkan, terciptanya kondusifitas Kabupaten Aceh Selatan selama ini tidak lepas dari peran para anggota. "Tanpa adanya campur tangan para Kasat dan seluruh anggota. Mungkin kondisi Aceh Selatan tak akan bisa seperti saat ini, yang terjalin kondusif dan aman," ujarnya.

AKBP Sigit Jatmiko SIK sendiri akan melanjutkan karirnya menduduki sebuah jabatan di Polda Jawa Barat.

Acara lepas sambut membuat suasana resmi menjadi lebih haru, mengingat Sigit merupakan sosok pemimpin yang jarang ditemui oleh anggota Polres setempat.

"Beliau merangkul semua anggotanya menjadi sebuah ikatan keluarga. Sehingga sosok bapak tercipta dengan sendirinya ketika kepemimpinan beliau saat menjabat sebagai kapolres," ujar seorang anggota Polres Aceh Selatan.

Dipuncak acara, AKBP Sigit Jatmiko SIK  bersama istrinya menerima sejumlah cendera mata dari perwira dan ibu bhayangkari Polres Aceh Selatan yang masing-masing di serahkan oleh Kapolres baru, AKBP Achmadi SIK, perwakilan Kapolsek yang di wakili oleh Kapolsek Kota Tapaktuan, perkumpulan istri-istri Kapolsek yang di wakili oleh istri Kapolsek Sawang dan ibu-ibu bhayangkari yang di wakili oleh istri Wakapolres Aceh Selatan.

Informasi yang di himpun, acara lepas sambut Kapolres Aceh Selatan dengan pejabat Pemkab setempat terpaksa harus di undur atau tidak dapat di laksanakan saat ini, berhubung Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra SH sedang melaksanakan ibadah Umroh ke tanah suci.

Acara lepas sambut dengan Pejabat Pemkab Aceh Selatan rencananya akan di gelar tanggal 9 Mei 2015 mendatang setelah kembalinya Bupati Aceh Selatan dari ibadah Umroh.

Pewarta: Pewarta : Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015