Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Almuslim, Bireuen, Kabupaten Bireuen, akan segera melakukan kerjasama dengan Ombudsman RI Perwakilan Aceh, dalam rangka menunjang proses belajar mengajar bagi mahasiswa.

Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Unimus Rahmad S.Sos MAP di Bireuen, Kamis menyatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Aceh Taqwaddin Husin di Banda Aceh untuk menindaklanjuti kerjasama ini.

Menurutnya, kerjasama ini penting mengingat keberadaan dan peran Ombudsman RI dengan kewenangannya sebagai lembaga negara penegak hukum administrasi dan pengawas penyelenggaraan pelayanan publik selaras dengan tujuan dari keberadaan FISIP, khususnya Prodi Administrari Negara.

Pertemuan tersebut adalah salah satu rangkaian kegiatan field trip/study tour mahasiswa FISIP Unimus ke Ombudsman RI.          

Rahmad yang hadir bersama 35 mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara juga mengungkapkan bahwa kunjungan ke Ombdusman untuk mengetahui dan mengenal langsung kantor dan mekanisme kerja Ombudsman.

"Sebagai lembaga negara yang baru hadir di Aceh, para mahasiswa sangat antusias untuk mengetahui Ombudsman lebih jauh secara dekat. Insya Allah bulan depan akan hadir mahasiswa unit lain untuk kegiatan yang sama," tambahnya.

Sementara itu, Taqwaddin Husin dalam paparannya menyampaikan tentang sejarah lahirnya, struktur organisasi, tupoksi dan semua berkaitan dengan Ombudsman, baik secara nasional maupun Aceh.

"Sejarah Ombudsman itu berasal dari masa Khalifah Umar bin Khattab, yang sangat peduli dan peka dengan keluhan dan kondisi rakyatnya. Kemudian berlanjut ke masa Turki Usmani, baru selanjutnya diadopsi oleh Swedia," jelas Taqwaddin tentang sejarah Ombudsman dihadapan para mahasiswa peserta field trip Unimus.

Terkait dengan jumlah pelaporan, selama dua tahun (2013 dan 2014) terakhir, Ombudsman RI Perwakilan Aceh sudah menerima sebanyak 299 laporan yang lebih dari 60 persen telah mendapat penyelesaian.

"Tahun 2015 ini per hari ini sudah 67 laporan kita terima," pungkasnya.

Pewarta: Pewarta : Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015