Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Dayah membentuk pondok kesehatan pesantren dayah guna meningkatkan pelayanan bagi santri dan guru.
 
Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara Hasbullah Abdullah di Lhokseumawe, Kamis, mengatakan pembentukan pondok kesehatan tersebut merupakan upaya mempermudah masyarakat, terutama kalangan santri dan pengajar mendapatkan pelayanan kesehatan.
 
"Untuk tahap awal, pondok kesehatan ini dibentuk di 11 dayah. Pembentukan pondok kesehatan ini merupakan sinergi Dinas Pendidikan Dayah dengan Dinas Kesehatan," kata Hasbullah.
 
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Samsul mengatakan selain membentuk pondok kesehatan, pihaknya melatih pengelola dalam menangani pertolongan pertama jika terjadi kondisi kesehatan gawat darurat.
 
"Kehadiran pondok kesehatan ini lebih ditekankan pada upaya pencegahan penyakit atau deteksi dini, terutama penyakit menular, sehingga tidak menyebar luas ke masyarakat," pungkas Samsul.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021