Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani mengajak awak media di provinsi itu berperan aktif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

“Jurnalis memiliki peranan penting bagi Bank Indonesia terutama dalam ikut serta mendukung pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor dan memberikan persepsi kepada publik,” katanya di Sabang, Selasa.

Di sela-sela Edukasi Kebanksentralan, Cikur, Qris, dan pelatihan jurnalisme ekonomi bisnis mitra jurnalis Provinsi Aceh tahun 2021, ia menjelaskan ada 5 M peran media dalam perekonomian yakni media informasi yang menginformasikan informasi yang menjadi hal masyarakat dan media pendidikan yang berperan meningkatkan wawasan dalam mencerdaskan bangsa.

Kemudian mendukung pertumbuhan ekonomi yakni dengan memberikan persepsi positif dan mengumpulkan ekonomi membangun, media hiburan dengan memberikan hiburan yang menyenangkan kepada masyarakat dan media kontrol sosial yang menjadi penghubung antara Pemerintah dan rakyat.

“Ke lima hal tersebut sangat penting diperankan media untuk menumbuhkan semangat baru untuk meraih pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Menurut dia dalam sebuah data yang dipaparkan dan diulas secara runut akan memiliki sebuah dampak dan harus ada sebuah optimisme yang perlu digelorakan agar keluar dari kondisi tersebut.

Ia menambahkan Bank Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan perannya dalam berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi sesuai tingkatan.

Kegiatan Edukasi Kebanksentralan, Cikur, Qris, dan pelatihan jurnalisme ekonomi bisnis mitra jurnalis Provinsi Aceh tahun 2021 yang diikuti 31 peserta dari berbagai media ikut menghadirkan pemateri dari Tempo Institute.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021