Bireuen (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Bireuen menyantuni 3.815 anak yatim dari 609 desa di 17 kecamatan dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Bupati Bireuen H Ruslan M Daud di Bireuen, Minggu menyatakan, bantuan yang besarnya masing-masing Rp200 ribu itu diserahkan secara simbolis pada Sabtu (11/7) di Kantor Camat Kecamatan Jeumpa.

Pada acara yang dihadiri Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Bireuen Tarmidi, Kabag Humas dan Protokoler Farhan Husein, Bupati Ruslan mengatakan santunan tahap kedua bersumber dari anggaran APBK murni tahun 2015.

"Setiap anak yatim menerima Rp200.000, hal ini merupakan bentuk kepedulian kepada anak yatin oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen. Jangan diliat jumlahnya, tapi ini menjadi bukti Pemkab Bireuen cukup peduli dengan anak yatim," jelas Bupati.

Untuk tahap pertama sudah diserahkan sebelum puasa sekaligus uang santunan tersebut bisa dipergunakan menyambut meugang (punggahan) bulan puasa Ramadhan. Sekarang adalah tahap kedua menjelang hari raya dan kali ketiga nantinya pada tahun 2015 menjelang Hari Raya Idul Adha 1436 Hijrah.

"Alhamdulillan anak yatim terlihat senang dan gembira, waktu kami tiba di kantor Camat Jeumpa, kami disambut dan dipeluk mereka, saya cukup terharu," katanya.

Dari hasil dialog dengan anak yatim, uang santuanna itu akan mereka gunakan untuk beli baju baru dan ada juga untuk sekolah.

"Yang terpenting sebagai pemerintah kami sudah berusaha semampu mungkin untuk membantu anak yatim, kita berharap pada tahun 2016 nanti Pemerintah Bireuen dengan dukungan DPRK bisa kita bantu seluruhnya, tidak ada yang tersisa," katanya.

Jumlah anak yatim di Kabupaten Bireuen sekarang ini mencapai 8.000 orang.

Pewarta: Pewarta : Tarmizi A Gani

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015