Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah menyatakan hingga Januari 2022, pihaknya sudah menerima sebanyak 165.954 dosis vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Alhamdulillah, sebagian besar vaksin ini sudah kita distribusi ke masyarakat melalui program penyuntikan vaksin,” kata Syarifah Junaidah kepada ANTARA di Meulaboh, Jumat.

Ia menjelaskan, dari total 165.954 dosis vaksin Sinovac yang sudah diterima tersebut, sebanyak 154.375 dosis diantaranya sudah terpakai dan sebanyak 13 dosis rusak.

Sedangkan sisa vaksin Sinovac yang saat ini dimiliki, kata dia, sebanyak 11.566 dosis yang tersebar di 13 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Aceh Barat.

Sedangkan vaksin Moderna yang diterima dari Kementerian Kesehatan, kata Syarifah Junaidah, sudah mencapai 2.520 dosis dengan jumlah vaksin yang terpakai sebanyak 1.932 dosis.

Sementara untuk jenis vaksin Pfizer jumlah dosis yang diterima sebanyak 1.170 dosis dan terpakai sebanyak 672 dosis, dan sisanya vaksin yang belum terpakai sebanyak 498 dosis.

Syariah Junaidah mengatakan pihaknya hingga saat  ini masih terus berupaya melakukan vaksinasi kepada masyarakat di Aceh Barat, termasuk kepada kalangan anak-anak usia 6 hingga 11 tahun.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Tanah Air maupun dunia, tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022